99-tiongkok-hampir-selesaikan-pembuatan-kapal-induk-keduanya
Kapal induk pertama Tiongkok, Liaoning, bersandar di pelabuhan Dalian pada Juli 2014. Kapal induk kedua sedang dikerjakan di tempat yang sama. Sumber: AFP

Hobbymiliter.com – Dengan selesainya perakitan lambung kapal, maka aircraft carrier pertama buatan dalam negeri Tiongkok akan segera komplit. Demikian disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Dalam Negeri Tiongkok pada hari Kamis, 27 Oktober 2016. Sebagai informasi, hingga saat ini Tiongkok hanya memiliki kapal pengangkut pesawat, yakni “Liaoning” yang dulunya merupakan buatan Soviet.

“Kapal induk tersebut sedang menjalani masa perakitan sesuai rencana. Mayoritas pekerjaan konstruksi dan desain utama kapalnya sudah diselesaikan. Lambungnya telah dirakit di galangan kapal. Kapal tersebut akan segera dipersenjatai dengan fitur penerbangan, radar, dan fasilitas lainnya,” ujar jurubicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Kolonel Wu Qian seperti dikutip oleh kantor berita CCTV.

Baca juga :   China Kembangkan Varian Baru Ranpur Amfibi

Ditengah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan sekutu-sekutu Amerika Serikat di Laut Cina Selatan, pengembangan kapal induk yang dikategorikan sebagai Tipe 001A tersebut akan memberi dorongan besar bagi posisi tawar Beijing di regional Asia Pasifik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here