Wednesday, March 27, 2024
HomeLawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

Lawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Phuc dan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Sumber: Reuters
Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc dan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Sumber: Reuters

Perdana Menteri Vietnam menyambut baik hubungan pertemanan negaranya dengan India, saat melaksanakan konferensi pers dengan Narendra Modi. Ini adalah kali pertama Perdana Menteri India melakukan kunjungan ke Vietnam, dan dilakukan dalam rangka menggenapi kebijakan “Act East Policy” untuk memperkuat tali ekonomi dan keamanan antara India dan negara-negara Asia timur.

“(Kami) mendiskusikan hal-hal mengenai Laut Timur,” kata Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc kepada wartawan.

“Semua pihak harus menyelesaikan sengketa Laut Timur berdasarkan kaidah hukum internasional,” kata Nguyen soal konflik Laut Cina Selatan yang juga menyertakan Filipina, Brunei, Taiwan, dan Malaysia sebagai negara penuntut.

BACA JUGA :  Operasi Pembebasan Kota Mosul Dari Tangan ISIS Dimulai

Perjanjian kontrak pertahanan antara kedua negara mirip dengan kontrak di tahun 2014 silam, dimana India juga memberi Vietnam kredit senilai 100 juta dollar untuk membeli kapal patroli laut. Perjanjian tersebut sempat membuat Tiongkok naik pitam.

Beijing beberapa kali mengkritik kerjasama antara India dan Vietnam, dua negara seteru soal wilayah perbatasan. India pernah berperang melawan Tiongkok di tahun 1962 soal kepemilikan dataran Aksai Chin.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Gambar Helikopter AgustaWestland AW101 TNI AU

Penerbangan Perdana AgustaWestland AW101 TNI AU

0
HobbyMiliter.com - Penerbangan Perdana AW101 TNI AU. Tanpa gembar gembor, Leonardo Helicopter atau yang juga dikenal sebagai AgustaWestland melakukan penerbangan perdana AgustaWestand AW101 dengan warna...

Recent Comments