Friday, September 24, 2021
HomeAlutsistaRanpurAngkatan Bersenjata AS Cari Teknologi APS Untuk IFV M2 Bradley

Angkatan Bersenjata AS Cari Teknologi APS Untuk IFV M2 Bradley

Angkatan Bersenjata AS Cari Teknologi APS Untuk IFV M2 Bradley – HobbyMiliter.com – Angkatan bersenjata Amerika Serikat dikabarkan tengah mencari teknologi proteksi aktif atau Active Protection System (APS) baru untuk keluarga kendaraan tempur M2 Bradley yang dioperasikan mereka.

Diumumkan pada tanggal 11 Desember 2018, Angkatan Darat Amerika Serikat atau US Army dikabarkan mengeluarkan draft permintaan proposal untuk teknologi proteksi aktif atau Active Protection System (APS) dengan mengatasnamakan dokumen tersebut sebagai “survey pasar” terhadap teknologi APS dengan technology readiness level (TRL) 6.

Tertulis dalam pernyataan tersebut bahwa teknologi APS tersebut harus sudah teruji dan mampu menyesuaikan dengan karakteristik keluarga kendaraan tempur M2 Bradley yang dioperasikan oleh Angkatan Darat AS atau US Army.

Tak hanya itu, pengadaan perangkat teknologi perlindungan aktif tersebut juga diadakan dengan lengkap. Bagi para pelaku industri pertahanan strategis di Amerika Serikat dan negara – negara lainnya, diberikan batas waktu hingga tanggal 18 Desember 2018 untuk mengumpulkan proposal mereka.

BACA JUGA :  Profil Grup 1 Kopassus Serang

Beberapa waktu yang lalu Angkatan Bersenjata AS dikabarkan telah me-review beberapa teknologi perlindungan aktif bagi kendaraan tempur atau yang biasa disebut dengan Active Protection System (APS). Beberapa teknologi proteksi aktif terhadap kendaraan tempur yang sudah di review oleh Angkatan Bersenjata negeri Paman Sam tersebut yakni sistem proteksi aktif Trophy besutan Rafael, industri pertahanan strategis asal Israel, yang juga sudah digunakan pada tank tempur utama atau MBT Merkava, kemudian ada juga sistem proteksi aktif Iron Fist besutan IMI, industri pertahanan strategis yang juga asal Israel.

BACA JUGA :  Turki Ingin Kembangkan Rudal Ofensif, Tak Menutup Bantuan Tiongkok

Untuk sistem proteksi aktif tersebut juga sudah digunakan di keluarga kendaraan tempur M2 Bradley milik US Army. Dan selain dua jenis sistem proteksi aktif tersebut, Angkatan Bersenjata Amerika Serikat juga me-review sistem proteksi aktif Iron Curtain besutan Artis, sebuah perusahaan industri pertahanan asal Amerika Serikat.

Sementara itu, pada bulan Juni 2018 yang lalu, Leonardo DRS, sebuah perusahaan partner kerja Rafael di Amerika Serikat, berhasil mendapatkan kontrak senilai 193 Juta Dollar AS untuk mengaplikasikan sistem proteksi aktif Rafael Thropy pada tank – tank tempur utama atau Main Battle Tank (MBT) Abrams.

BACA JUGA :  Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Meski demikian, kuat isu beredar bahwa pemenang kompetisi pencarian teknologi APS untuk keluarga ranpur IFV M2 Bradley milik Angkatan Darat AS kali ini adalah IMI dengan sistem proteksi aktif Iron Fist yang diusungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua