Thursday, June 30, 2022
HomeGencatan Senjata Suriah Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini

Gencatan Senjata Suriah Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengunjungi Masjid Saad bin Muaaz di Daraya, pinggiran Damaskus. Sumber: facebook.com/syrianpresidency
Presiden Suriah Bashar al-Assad mengunjungi Masjid Saad bin Muaaz di Daraya, pinggiran Damaskus untuk melaksanakan salat Idul Adha, Senin (12/9). Sumber: facebook.com/syrianpresidency

Perundingan gencatan senjata ini merupakan upaya kali kedua yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Rusia demi menghentikan aksi perang di Suriah yang sudah berlangsung sejak Maret 2011 silam.

Sabtu (11/9) pekan lalu, perwakilan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Menlu John Kerry, serta Rusia yang dipimpin oleh Menlu Sergei Lavrov, menyetujui perjanjian gencatan senjata di kota Jenewa, Swiss. Kedua pihak akhirnya mencapai kata sepakat setelah melakukan 13 jam perundingan non-stop.

Meski begitu kepentingan kedua pihak masih tetap berseberangan, dimana Moskow ingin mempertahankan rezim Presiden Bashar al-Assad, dan Amerika Serikat ingin menggulingkan yang bersangkutan dengan mensponsori kelompok militan oposisi yang juga didukung oleh Arab Saudi dan Turki.

BACA JUGA :  “Tentara Uni Eropa Belum Zamannya” – Kepala Urusan Luar Negeri UE

Beberapa jam sebelum gencatan senjata tersebut dimulai, Assad mengatakan pemerintahannya telah “bersumpah untuk merebut kembali tanah kami dari tangan teroris” demi membangun kembali negara Suriah.

Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura memperkirakan jumlah korban yang tewas akibat perang selama lima tahun terakhir berada di angka 400.000 jiwa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

China Luncurkan Unit Pertama Kapal Perang Type 075 LHD

0
China Luncurkan Unit Pertama Kapal Perang Type 075 LHD - HobbyMiliter.com - Pemerintah China nampaknya semakin serius dalam membangun kekuatan militer khususnya kekuatan militer...

Recent Comments