Thursday, April 18, 2024
HomeBlog MiliterReferensiKehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara – HobbyMiliter.com – Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan tertua yang ada di Pulau Jawa. Tepatnya, kerajaan tersebut terletak di Bogor Jawa Barat. Secara etimologi atau Bahasa, Tarumanegara itu berasal dari dua akar kata yang berbeda, yaitu kata Tarum dan Negara. Tahukah Anda bahwa Tarum diidentikan dengan nama sebuah sungai yang sangat populer di Bogor, yaitu Sungai Citarum. Sementara itu, Negara dapat diartikan sebagai sebuah pusat pemerintahan dalam hal ini adalah kerajaan. Jadi, Tarumanegara merupakan sebuah kerajaan yang terletak di areal Sungai Citarum Bogor.

BACA JUGA :  Perangi ISIS, Prancis Kirim Kapal Pengangkut Jet Tempur Rafale Plus Senjata Meriam

Kerajaan Tarumanegara sendiri awal mula didirikan pada tahun 258 Masehi. Keberadaan kerajaan Tarumanegara di Bogor tersebut dapat dibuktikan dari beberapa penemuan bukti sejarah oleh para Ahli Sejarah berupa percandian Batujaya dan Cibuaya yang terletak di muara Sungai Citarum, Bogor Jawa Barat.

Sejarah Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Sebuah pemerintahan ataupun kerajaan tidak akan terlepas dari yang namanya kehidupan politik. Dengan politiklah, kerajaan dapat menjalankan berbagai sendi kehidupannya dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, kehidupan politik dalam sebuah kerajaan memiliki peran yang sangat vital untuk kelangsungan kerajaan tersebut.

BACA JUGA :  Biografi Jackie Kennedy – Istri Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy

Begitupun yang berlaku pada Kerajaan Tarumanegara. Mari kita simak bagaimana sejarah kehidupan politik yang berlaku pada Kerajaan Tarumanegara berdasarkan beberapa bukti sejarah berupa naskah ataupun prasasti yang telah ditemukan oleh para ahli sejarah!

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara Berdasarkan Naskah Wangsakerta

Naskah Wangsakerta merupakan salah satu bukti sejarah yang mampu mengungkapkan kehidupan politik yang ada Kerajaan Tarumanegara. Di dalam naskah tersebut dijelaskan bahwa kerajaan tersebut telah dipimpin oleh 12 raja, terhitung mulai berdiri sampai dengan runtuhnya kerajaan tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Lynx AL Korsel

Korea Selatan Menghentikan Sementara Operasional Helikopter Lynx, Jasad Kru Ditemukan

0
Angkatan Laut Korea Selatan menghentikan sementara operasional 20 unit helikopter tempur anti kapal selam Lynx. Penghentian sementara berlaku sejak Selasa lalu, setelah salah satu...
S-400 Missile System-FeatureImage

S-400 Missile System Details

Recent Comments