Sunday, September 25, 2022
HomeSekitar Sejuta Warga Katalan Demo Mendesak Kemerdekaan dari Spanyol

Sekitar Sejuta Warga Katalan Demo Mendesak Kemerdekaan dari Spanyol

Hobbymiliter.com – Ratusan ribu warga provinsi otonomi Katalan berkumpul dan turun ke jalanan lima kota berbeda di daerah tersebut, mendesak percepatan proses deklarasi kemerdekaan dari Spanyol. Pemerintah pusat Spanyol sendiri, sangat menentang referendum ini dan siap untuk melakukan kriminalisasi.

Menurut polisi di kota Barcelona, sekitar 540.000 warga berkumpul dan turun ke jalan. Angka ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Selain di Barcelona yang menjadi simbol pembebasan warga Katalan, aksi demonstrasi ini juga dilakukan di empat kota lainnya. Sehingga, angka demonstran meningkat menjadi 800.000 orang.

BACA JUGA :  Bagaimana Sistem Afterburner Bekerja

“Setiap tahun kami berusaha untuk melakukan hal-hal baru… tahun ini kami ingin menunjukkan bahwa Katalan adalah negara yang majemuk dan kami menyebar supaya tidak hanya fokus di Barcelona saja,” ujar Natalia Estevez, wakil presiden Dewan Nasional Katalan.

Demonstrasi tahun ini bertepatan dengan keputusan partai-partai Katalan pro-kemerdekaan yang belum menentukan kesimpulan akhir mengenai konsep pemisahan daerah mereka. Meskipun rencana referendum kemerdakaan Katalan sudah disetujui oleh mayoritas partai di parlemen daerah mereka, namun hal tersebut masih urung dijalankan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Perdana, Indonesia Berhasil Ekspor Kapal Perang Buatan Anak Bangsa

Perdana, Indonesia Berhasil Ekspor Kapal Perang Buatan Anak Bangsa

0
Hobbymiliter.com - Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mengekspor kapal perang buatan anak bangsa. Kapal tersebut adalah Kapal Perang Strategic Sealift Vessel (SSV), yang secara...

Recent Comments