Friday, January 14, 2022
HomeBlog MiliterLima Unit Pesawat Tempur F-16 Tiba dari Amerika Serikat

Lima Unit Pesawat Tempur F-16 Tiba dari Amerika Serikat

Lima unit pesawat tempur F-16 Falcon yang merupakan hibah dari Amerika Serikat telah mendarat di lanud Iswahyudi, Madiun pada hari Rabu, 21 September 2016. Kelima pesawat tersebut mendarat pada pukul 11 siang waktu setempat. Pesawat – pesawat tersebut merupakan bagian dari program “Peace Bima Sena II” dimana Indonesia mengakuisisi 24 unit pesawat tempur F-16 dalam rangka penambahan kekuatan tempur TNI AU.

Pengiriman kelima pesawat ini dilakukan dengan cara diterbangkan langsung dari Amerika Serikat atau biasa disebut “Ferry Flight”. Ini berbeda dengan cara pengiriman pesawat tempur Sukhoi yang kesemuanya didatangkan dengan diangkut pesawat kargo Antonov.

BACA JUGA :  Kapal Perusak Siluman USS Zumwalt Resmi Ditugaskan
Kedatangan F-16
Suasana kedatangan lima unit pesawat tempur F-16 di Lanud Iswahyudi, Magetan kemarin.
Sumber : IMF/Istimewa

Program “Peace Bima Sena II” adalah program pemutakhiran pesawat tempur F-16 yang berstatus “hibah” agar dapat digunakan kembali secara optimal. Adapun untuk airframe pesawat kesemuanya yakni 24 unit merupakan hibah dan pemerintah Indonesia membayar sejumlah besar uang untuk “memutakhirkan” teknologi avionik pesawat, penggantian mesin, serta paket senjata dan biaya pengiriman dan pelatihan awak. Dari 24 unit yang dipesan, total sudah 14 unit yang dikirimkan, dengan 1 unit mengalami kejadian terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma sehingga mengakibatkan “Total Loss” dan 5 unit yang baru saja datang kemarin, tersisa 10 unit lagi yang belum dikirim.

BACA JUGA :  Jerman Perpanjang Kembali Kontrak Sewa UAV Heron I

Selamat bertugas, Elang Muda Angkatan Udara…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

44-duterte-ancam-coret-pakta-kerjasama-militer-as-dan-filipina

Duterte Ancam Coret Pakta Kerjasama Militer Filipina Dengan AS

0
Hobbymiliter.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial dengan Amerika Serikat sebagai sasarannya. Presiden yang dikenal dengan “Death Squad”-nya tersebut mengancam akan...

Recent Comments