Thursday, April 25, 2024
HomeHadapi Ancaman Korut, Jepang Pertimbangkan Beli Sistem Pencegat Rudal Dari AS

Hadapi Ancaman Korut, Jepang Pertimbangkan Beli Sistem Pencegat Rudal Dari AS

Demonstrasi sistem THAAD AS dalam lapisan pertahanan rudal Jepang. Sumber: Asahi Shimbun
Demonstrasi sistem THAAD AS dalam lapisan pertahanan rudal Jepang. Sumber: Asahi Shimbun

Kebanyakan proyektil rudal yang ditembakkan oleh Korut berasal dari alat peluncur bergerak (mobile launchpad) serta kapal selam. Hal tersebut, menurut pejabat senior Kemenhan Jepang, sangat sulit dideteksi.

“Dalam beberapa kasus, kami tidak akan sempat meluncurkan unit untuk menangkal (rudal Korut) karena rudal tersebut ditembakkan secara tiba-tiba,” kata sang pejabat.

Jika Korut berencana untuk meluncurkan rudal balistik jarak menengah, maka mereka bisa saja menembak ke wilayah Jepang hanya dalam tempo 10 menit.

Sistem pertahanan rudal balistik Jepang terdiri dari dua lapis. Pertama, roket pencegat SM-3 yang diluncurkan dari kapal Aegis. Kedua, rudal PAC-3.

BACA JUGA :  Tiongkok dan Rusia Akhiri Latihan Laut Gabungan Dengan Simulasi Penyergapan Pulau

Kemenhan Jepang sedang mempertimbangkan untuk membuat lapis ketiga, dengan memasang alat pencegat Terminah High Altitude Aerial Defense (THAAD) milik AS. Washington dan Seoul sudah sepakat untuk memasang sistem serupa di wilayah Korea Selatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Perdana, Indonesia Berhasil Ekspor Kapal Perang Buatan Anak Bangsa

Perdana, Indonesia Berhasil Ekspor Kapal Perang Buatan Anak Bangsa

0
Hobbymiliter.com - Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mengekspor kapal perang buatan anak bangsa. Kapal tersebut adalah Kapal Perang Strategic Sealift Vessel (SSV), yang secara...

Recent Comments