Friday, May 27, 2022
HomeMiliterAlutsistaKRI Golok 688 Akan Dilengkapi Rudal NSM

KRI Golok 688 Akan Dilengkapi Rudal NSM

Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 17 Maret 2022, telah dilaksanakan kunjungan oleh perwakilan dari PT Lundin, PT Datareka, Kongsberg, serta tim survey Mabesal dan Disenlekal ke KRI Golok 688. Tujuan diadakannya kunjungan ke salah satu kapal perang terbaru milik TNI Angkatan Laut tersebut adalah guna melakukan survey awal persiapan pemasangan sistem senjata berbasis peluru kendali / rudal anti kapal Kongsberg NSM (Naval Strike Missile). Dalam kunjungan yang dilakukan beberapa perwakilan dari beberapa instansi tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan diantaranya yakni paparan teknis terkait peluru kendali / rudal anti kapal Kongsberg NSM (Naval Strike Missile) di ruangan Lounge perwira, survey tempat pemasangan Launcher atau sistem peluncur rudal yang nantinya akan digunakan untuk menampung Launcher rudal NSM di KRI Golok 688, serta survey tempat pemasangan sistem manajemen tempura tau Combat Management System (CMS) di PIT Anjungan.

BACA JUGA :  Mengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

KRI Golok 688 merupakan kapal cepat rudal yang menggunakan jenis lambung Trimaran atau lambung dengan tiga lunas. Kapal ini merupakan kapal pengganti KRI Klewang 625 yang sebelumnya terbakar pada tahun 2012. Kapal perang canggih berteknologi siluman (stealth) ini baru diluncurkan pada tanggal 21 Agustus 2021 lalu di galangan kapal milik PT Lundin di Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal perang siluman buatan dalam negeri ini kemudian diresmikan masuk ke dalam layanan dinas jajaran Komando Armada II RI pada tanggal 14 Januari 2022, bersama dengan kapal bantu rumah sakit (BRS) KRI Dr. Wahidin Sudirohusodo 991.

BACA JUGA :  KRI Tanjung Kambani 971

KRI Golok 688 memiliki dimensi panjang keseluruhan 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi 18,7 meter. Untuk kebutuhan misi VBSS (Visit, Board, Search and Seizure), kapal perang ini dilengkapi dengan satu unit RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) berukuran panjang 11 meter lengkap dengan sistem Rail Launch and Recovery system yang memungkinkan kapal meluncurkan RHIB dari buritan dan menerima kembali RHIB saat selesai melaksanakan misinya. Saat ini kapal perang dari jenis Trimaran tersebut dipersenjatai dengan senapan mesin berat dengan kaliber 12,7 milimeter sebanyak dua unit dan satu unit meriam kaliber 30 milimeter. Kedepan, diharapkan dengan adanya integrasi peluru kendali Kongsberg NSM, akan semakin meningkatkan kekuatan dan kemampuan tempur kapal perang canggih terbaru milik TNI Angkatan Laut tersebut.

BACA JUGA :  Laporan Khusus: Kisah Perang Cyber China Terhadap Amerika

Kongsberg NSM (Naval Strike Missile) adalah peluru kendali atau rudal anti kapal perang permukaan yang dapat menghancurkan sasaran dengan jarak jangkau maksimal 185 kilometer dari titik peluncuran. Rudal ini telah dipakai di banyak jenis kapal perang di berbagai negara. Salah satunya, Amerika Serikat juga menggunakan rudal ini di kapal-kapal jenis Littoral Combat Ship atau LCS baik di LCS kelas Freedom maupun LCS kelas Independence.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

0
Hobbymiliter.com - Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan. Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat tempur asal Amerika Serikat, berhasil membukukan catatan baru dalam rangkaian sejarah perusahaan...

Recent Comments