Tuesday, March 19, 2024
HomeKRI Bima Suci, Kapal Latih TNI AL Pengganti KRI Dewaruci dan KRI...

KRI Bima Suci, Kapal Latih TNI AL Pengganti KRI Dewaruci dan KRI Arung Samudera

TNI AL tercatat mengoperasikan dua unit Kapal Layar Tiang Tinggi atau biasa disebut Tall Ship untuk melatih para kadet TNI AL mengenai materi dasar pelayaran dan ilmu “navigasi bintang”. Kedua kapal tersebut yakni KRI Arung Samudera dan KRI Dewaruci. Kedua kapal ini digunakan sebagai kapal untuk melatih calon awak kapal atau kadet TNI AL atau biasa disebut Training Ship.

Kedua kapal tersebut kini telah memasuki masa akhir dari masa tugas mereka. Kedua kapal yang diluncurkan tahun 1953 ini memang dapat dikatakan sebagai “kapal tua”. Jika dilihat dari tahun peluncuran, kedua kapal telah memasuki usia 63 tahun di tahun ini.

BACA JUGA :  PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia

Sudah sewajarnya TNI AL mencari pengganti kapal ini jika hendak mempertahankan program pelatihan dasar ilmu pelayaran dan “navigasi bintang” bagi kadet TNI AL dimasa yang akan datang. Lantas siapakah pengganti kedua kapal ini?

Bima Suci Progress
Bagian Lunas kapal KRI Bima Suci dalam proses pengerjaan di Vigo, Spanyol.
Sumber : Istimewa.

Jawabannya ada pada sebuah Tall Ship sepanjang 110 meter yang saat ini masih dalam proses pengerjaan di Vigo, Spanyol. Dialah KRI Bima Suci, kapal pengganti yang akan menggantikan posisi KRI Dewaruci dan KRI Arung Samudera.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan...

0
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura - HobbyMiliter.com - Berbicara tentang militer Singapura, tentu kita tidak akan melupakan...

Recent Comments