Saturday, April 20, 2024
HomeZastava M48 "Indonesian Police Carbine" , Senjata POLRI yang terlupakan

Zastava M48 “Indonesian Police Carbine” , Senjata POLRI yang terlupakan

Entah apa designasi karaben ini, dunia kolektor senjata api sendiri mengenalnya sebagai “M48 Indonesian Police Carbine”, dan ada yang memasukkan dalam family M48/63. Setahu penulis sendiri, Polisi menyebutnya sebagai Mauser. Untuk kaliber peluru sendiri, senjata ini menggunakan kaliber yang sama dengan KAR98K, yaitu 7,92×57 mm Mauser. Yugoslavia sendiri termasuk pengguna setia 7,92×57 mm Mauser, hingga saat perang saudara dan runtuhnya negara tersebut. Tercatat senapan DMR M76 (Varian dari AK-47) dan senapan mesin M84 (Tiruan PKM) menggunakan peluru kaliber ini.

BACA JUGA :  Vietnam Kembali Terima Sistem Rudal Pertahanan Udara SPYDER Dari Israel

Memang, pada masa tahun 50-60an, dimana negara kita mengalami banyak pemberontakan ditambah konfrontasi Trikora dan Dwikora, tercatat ada banyak pembelian senjata api dari aneka negara di dunia. Dan ketika itu, POLRI membeli senapan berbasis M48 produksi Yugoslavia untuk mempersenjatai Polisi reguler, suatu pilihan unik, mengingat Resimen Pelopor sendiri ketika itu sudah memiliki senjata modern jenis AR-15, AK-47, SKS, Vz.59 dan RPD, juga surplus senjata Perang Dunia modern murah meriah seperti Lee Enfield, M1 Carbine dan sejenisnya banyak terdapat di pasaran. Pindad sendiri ketika itu juga sudah memodifikasi senapan karabijn M95 Mannlicher ke peluru .303 untuk keperluan sukarelawan Dwikora. Entah apa yang menjadi dasar pemilihan membeli senapan Zastava M48 “baru tetapi desain lama” di tengah pesatnya pengembangan senapan infanteri ketika itu.

BACA JUGA :  Kisah Pengembangan Rudal Anti Satelit Amerika
Cabhatar POLRI berlatih menggunakan Senapan M48/63 varian POLRI
Cabhatar POLRI berlatih menggunakan Senapan M48/63 varian POLRI

Sungguh hal ironis, ditengah modernisasi polri khususnya densus 88 dan brimob, masih ada senjata senjata tua yang menjadi andalan kepolisian reguler di tingkat polres dan polsek. Semoga kedepannya senjata senjata ini bisa beristirahat tenang di Museum, atau menjalani tugas mendidik calon abdi negara di akademi kepolisian.

 

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

1 COMMENT

  1. mauser polri ini namanya Mauser Short Rifle, buatan “Fab. Nat D’Armes de Guerre Herstal – Belgique”. yang sekarang nama pabriknya jadi FN Herstal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ilustrasi pasukan Rusia di perbatasan Ukraina

Rusia Siagakan Pasukan Dekat Perbatasan Ukraina

0
HobbyMiliter.com – Rusia menempatkan pasukan dari 20th Guards Combined Army dalam kondisi siaga tempur selama masa inspeksi kesiapan tempur mendadak yang dilakukan oleh komando...

Recent Comments