Tuesday, March 26, 2024
HomeZastava M48 "Indonesian Police Carbine" , Senjata POLRI yang terlupakan

Zastava M48 “Indonesian Police Carbine” , Senjata POLRI yang terlupakan

Perbandingan senapan Mauser POLRI dengan KAR98K Jerman
Perbandingan senapan Mauser POLRI dengan KAR98K Jerman

Selain itu, dari penampakan popor senjata memang berbeda dengan Mauser KAR98K yang lebih “ramai” dan banyak aksesorisnya. Penulis sendiri sempat menduga bahwa ini adalah senapan Mauser yang di “refurbished” oleh Pindad. Ada juga perkiraan bahwa ini adalah senapan jenis Vz. 33-40 produksi Czechkoslovakia yang merupakan tiruan KAR98K dan memiliki panjang laras lebih pendek daripada KAR98K.

Setelah melakukan diskusi dan pencarian di dunia maya, setitik cahaya terlihat mengenai “bedil misterius” POLRI ini. Dalam sebuah forum diskusi senapan antik, tampak ada diskusi mengenai Zastava M48, yaitu Mauser KAR98K produksi negara Yugoslavia pasca PD 2. Dalam diskusi itu, seorang anggota forum menanyakan sebuah senapan M48 miliknya yang lebih pendek daripada M48 normal. Ternyata, Yugoslavia pernah memproduksi M48 varian pesanan POLRI berbasis karaben M48/63, dengan panjang laras khusus.  Berikut adalah gambar-gambar dari forum diskusi tersebut yang memberikan pencerahan akan senjata ini.

BACA JUGA :  Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF
Perbandingan senapan M48A dengan senapan M48 varian Polri
Perbandingan senapan M48A dengan senapan M48 varian Polri
Perbandingan Laras dan bagian depan M48A dengan senapan M48 varian POLRI
Perbandingan Laras dan bagian depan M48A dengan senapan M48 varian POLRI
Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

1 COMMENT

  1. mauser polri ini namanya Mauser Short Rifle, buatan “Fab. Nat D’Armes de Guerre Herstal – Belgique”. yang sekarang nama pabriknya jadi FN Herstal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Helikopter Mi-17 TNI AD Jatuh Dan Terbakar di Kendal

0
Helikopter Mi-17 TNI AD Jatuh Dan Terbakar di Kendal - HobbyMiliter.com - Beberapa foto yang menampilkan sebuah helikopter sedang terbakar beredar di media sosial...

Recent Comments