Sunday, April 28, 2024
HomeOperasi Pembebasan Mosul Resmi Dimulai, Masa Depan Irak Dipertaruhkan

Operasi Pembebasan Mosul Resmi Dimulai, Masa Depan Irak Dipertaruhkan

Pasukan antiteror elit Irak berkumpul diluar kota Irbil, Sabtu, 15 Oktober 2015. Sumber: Khalid Mohammed/Associated Press
Pasukan antiteror elit Irak berkumpul diluar kota Irbil, Sabtu, 15 Oktober 2015. Sumber: Khalid Mohammed/Associated Press

Jika operasi perebutan Mosul berhasil, maka ISIS akan dipastikan mengalami kekalahan terbesarnya sejak 2014 silam. Al-Abadi juga telah bersumpah untuk langsung meneruskan operasi militer ke daerah-daerah lain yang masih dikuasai ISIS, jika Mosul telah bebas.

Mosul adalah rumah bagi tiga juta warga Irak. Kota tersebut jatuh ke tangan militan ISIS pada serangan mendadak besar-besaran yang menyebabkan sepertiga dari wilayah kedaulatan Irak dikuasai oleh kelompok teroris.

Pasukan Irak akan bergabung bersama militan Peshmerga Kurdi di wilayah Khazer yang terletak di sebelah timur Mosul. Kedua pasukan juga akan menjaga wilayah utara Mosul dekat Dam dan Bashiqa.

BACA JUGA :  Pengamat: Korut Kembangkan Rudal Kapal Selam Baru?

Untuk membantu serangan udara, Amerika Serikat dan koalisinya telah berjanji untuk menyediakan peluru artileri. Bantuan logistik darat juga akan diberikan.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

protector-cover

Protector USV, Drone Laut Bersenjata Berteknologi Plug and Play

0
Protector USV, Drone Laut Bersenjata Berteknologi Plug and Play - HobbyMiliter.com – Kalau saja proyek KCR (Kapal Cepat Rudal) Klewang Class terus dikembangkan, mungkin...

Recent Comments