Tuesday, June 18, 2024
HomeBlog MiliterTiongkok Kecam India Karena Izinkan Dalai Lama Kunjungi Wilayah Sengketa

Tiongkok Kecam India Karena Izinkan Dalai Lama Kunjungi Wilayah Sengketa

Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama. AP Photo/Tsering Topgyal
Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama. AP Photo/Tsering Topgyal

Kang menyerukan kepada India untuk tetap menaati “konsensus bilateral soal situasi perbatasan yang patut dipertanyakan.” Ia meminta kepada New Delhi untuk mencabut dukungannya terhadap sang pemimpin Tibet yang notabenenya adalah pelarian dari rezim Tiongkok.

Namun Kementerian Luar Negeri India melalui seorang jurubicaranya menolak permintaan Tiongkok. “Pemerintah India telah menyetujui kunjungan tersebut. Dalai Lama adalah sosok spiritual yang sangat dihormati dan merupakan tamu kehormatan bagi India. Beliau boleh bepergian ke daerah manapun di negara (India) secara bebas,” kata sang jurubicara.

BACA JUGA :  Jet Pengebom H-6K Milik Tiongkok Akan Diperkenalkan Ke Publik

Kemenlu India juga mengingatkan bahwa peraih penghargaan Nobel Perdamaian tersebut telah berulang kali mengunjungi negara bagian Arunachal Pradesh. Sehingga, menurut India, tidak ada alasan untuk mencegah pertemuannya dengan para pengikutnya di wilayah tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

30-prancis-perbanyak-pengadaan-helikopter-pengangkut-taktis-nh90-tth

Prancis Perbanyak Pengadaan Helikopter Pengangkut Taktis NH90-TTH

0
Hobbymiliter.com - Pihak militer Prancis terus melanjutkan pembangunan armada helikopter pengangkut taktis NH90-TTH mereka, dengan memesan enam unit tambahan lagi. Pemesanan ini ditujukan oleh badan pengadaan...

Recent Comments