Wednesday, January 19, 2022
HomeBlog MiliterTiongkok Kecam India Karena Izinkan Dalai Lama Kunjungi Wilayah Sengketa

Tiongkok Kecam India Karena Izinkan Dalai Lama Kunjungi Wilayah Sengketa

Hobbymiliter.com – Pada hari Jumat, 28 Oktober 2016, Tiongkok memperingatkan India bahwa “hubungan sehat” diantara keduanya bisa saja terganggu akibat rencana kunjungan pemimpin Tibet, Dalai Lama, ke daerah yang mereka sengketakan di pelosok timur India.

Dalai Lama baru-baru ini dilaporkan setuju untuk menerima undangan dari Kepala Menteri (pemimpin pemerintah negara bagian) Arunachal Pradesh, Pema Khandu. Dalai Lama akan mengunjungi daerah timur pegunungan Himalaya yang diklaim Tiongkok sebagai bagian dari Tibet Selatan.

Dalam sebuah konferensi pers singkat, kurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lu Kang mengatakan bahwa pihaknya sangat mengkhawatirkan status kunjungan yang dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2017 mendatang. Hal ini mengingat tingginya tensi yang diperlihatkan Beijing dan New Delhi akhir-akhir ini.

BACA JUGA :  Laksama AL Tiongkok Peringatkan AS Soal Aksi Provokasi Di Laut Cina Selatan

“Undangan India kepada Dalai Lama untuk beraktivitas di area sengketa Tiongkok dan India hanya akan merusak perdamaian dan kestabilan di wilayah perbatasan tersebut. Juga, merusak hubungan bilateral antara Tiongkok dan India,” kata Lu Kang.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

36-obama-tawarkan-paket-bantuan-militer-kepada-israel

Obama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta...

0
Hobbymiliter.com - Pelaksana tugas Kepala Dewan Pertahanan Nasional Israel, Brigadir Jenderal Yaakov Nagel, akan tiba di Washington pekan depan untuk melakukan tahap negosiasi akhir...

Recent Comments