Friday, March 1, 2024
HomeBlog MiliterRadar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU

Radar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU

HobbyMiliter.com – Radar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU. Yang bertugas memantau cuaca tak hanya menjadi kewajiban dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Untuk mendukung operasi penerbangan militer, TNI AU juga memerlukan peralatan pendukung untuk mendapatkan data-data cuaca yang tepat di wilayah operasinya. Peralatan itu adalah radar cuaca bersistem mobile (move weather radar) Meteor 50DX Selex-Si produksi Gematronik, Jerman, yang baru-baru ini menjadi perangkat deteksi TNI AU.
meteor 2

Sebenarnya adanya Meteor 50DX ini sudah diketahui media semenjak 22 Januari 2013 yang lalu, seperti yang dikatakan oleh website tni-au.mil.id. Lalu publik banyak yang bertanya-tanya mengenai sosok radar yang memiliki radome cukup unik ini, karena radar ini ikut serta dalam defile ketika HUT TNI ke-69 di Pelabuhan Ujung Koarmatim, pada bulan Oktober 2014 yang lalu. Fungsi dari sistem radar cuaca ini untuk deteksi intensitas curah hujan dengan pengguanaannya yang cukup mudah. Gabungan antara resolusi tinggi serta update data secara real time, memberikan informasi detail tentang curah hujan lokal serta peringatan mengenai potensi badai yang akan terjadi atau mendekat.

BACA JUGA :  KRI Rencong 622, Kapal Legendaris TNI AL

meteor 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pasukan T Ronggolawe bersama Letnan de Waard dari Belanda saat penyerahan Wonosobo

Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

2
HobbyMiliter.com - Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pemuda Pelajar Jaman Perjuangan. Menjelang kekalahan Pasukan Jepang, beberapa pemuda pelajar di Semarang membentuk Gabungan Sekolah Menengah Semarang...
Latihan VBSS TNI-AL.

Foto Latihan VBSS

Recent Comments