Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterRadar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU

Radar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU

HobbyMiliter.com – Radar Meteor 50DX: Radar Cuaca Pendukung Operasi TNI AU. Yang bertugas memantau cuaca tak hanya menjadi kewajiban dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Untuk mendukung operasi penerbangan militer, TNI AU juga memerlukan peralatan pendukung untuk mendapatkan data-data cuaca yang tepat di wilayah operasinya. Peralatan itu adalah radar cuaca bersistem mobile (move weather radar) Meteor 50DX Selex-Si produksi Gematronik, Jerman, yang baru-baru ini menjadi perangkat deteksi TNI AU.
meteor 2

Sebenarnya adanya Meteor 50DX ini sudah diketahui media semenjak 22 Januari 2013 yang lalu, seperti yang dikatakan oleh website tni-au.mil.id. Lalu publik banyak yang bertanya-tanya mengenai sosok radar yang memiliki radome cukup unik ini, karena radar ini ikut serta dalam defile ketika HUT TNI ke-69 di Pelabuhan Ujung Koarmatim, pada bulan Oktober 2014 yang lalu. Fungsi dari sistem radar cuaca ini untuk deteksi intensitas curah hujan dengan pengguanaannya yang cukup mudah. Gabungan antara resolusi tinggi serta update data secara real time, memberikan informasi detail tentang curah hujan lokal serta peringatan mengenai potensi badai yang akan terjadi atau mendekat.

BACA JUGA :  Ranjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran

meteor 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

0
Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon - Hobbymiliter.com – Pemerintah Jerman menyatakan akan melakukan akuisisi alat utama sistem senjata...

Recent Comments