JF-17 Thunder AU Pakistan
JF-17 Thunder milik AU Pakistan, pesawat ini juga yang rencananya akan dibeli oleh AU Myanmar.Sumber : defence-blog.com

HobbyMiliter.com – Pejabat tinggi Angkatan Udara Myanmar mengkonfirmasikan pembelian jet tempur JF-17 Thunder telah disetujui oleh pemerintahan Myanmar. Pesanan ini merupakan bagian dari kesepakatan yang ditandatangani tiga negara yakni China, Pakistan, dan Myanmar.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Angkatan Udara Myanmar berencana untuk membeli sebanyak 16 unit pesawat jet tempur multi-peran JF-17 Thunder. Pesawat ini dapat diposisikan sebagai unit pengganti pesawat jet tempur MiG-29, J-7M, atau Q-5 milik Angkatan Udara Myanmar.

Baca juga :   Rusia Akan Produksi Pesawat Sukhoi SU-35 Untuk Indonesia

Joint Fighter-17 atau JF-17 Thunder, yang oleh China dinamai FC-1 Xiaolong, merupakan pesawat jet tempur multi-peran yang dikembangkan oleh perusahaan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) dari China. Pesawat ini kemudian diproduksi bersama oleh China dan Pakistan.

Pesawat tempur JF-17 Thunder atau FC-1 ini dipersenjatai dengan meriam internal dua laras GSh-23 kaliber 23 milimeter atau meriam internal dua laras GSh-30 kaliber 30 milimeter. Untuk daya angkut munisi external, ada 7 hardpoints dengan 4 unit diantaranya diletakkan dibawah sayap (2 unit masing – masing sayap), 1 unit dibawah fuselage, dan 2 unit pada bagian pinggir sayap (1 unit masing – masing sayap). Pesawat tempur ini dapat membawa beban muatan hingga 3.700 kilogram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here