Bung Tomo pengobar semangat juang rakyat Indonesia dalam pertempuran 10 November
Bung Tomo, salah seorang pemimpin Revolusioner di Surabaya, mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia di Surabaya selama Pertempuran 10 November 1945.Sumber : wikipedia

HobbyMiliter.com – Pertempuran 10 November, ya, siapa yang tidak kenal dengan peristiwa bersejarah ini? Pertempuran yang juga disebut sebagai Battle of Surabaya ini merupakan pertempuran terbesar yang terjadi dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang mempertahankan kemerdekaannya kala itu. Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Artikel ini akan secara singkat membahas tentang kronologi terjadinya pertempuran 10 November dan bagaimana jalannya pertempuran hingga apa dampak yang dapat dipelajari oleh kedua belah pihak yang bertempur pada masa itu.

Baca juga :   Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

Kronologi Awal Pertempuran 10 November

Pasca kekalahan Jepang dalam Perang Dunia 2, Indonesia mengalami keadaan Status ‘Quo’, yakni status bagi daerah koloni yang ditinggalkan penjajahnya dan tidak diduduki oleh pihak lainnya. Hingga tanggal 17 Agustus 1945, terjadilah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Selepas dua kejadian besar ini, bangsa Indonesia berniat untuk mempertahankan diri serta mencari pengakuan di kancah internasional. Tentu, selain pengakuan internasional, perlu juga dibangun suatu kekuatan yang terorganisir untuk mempertahankan diri dari serangan negara asing yang ingin kembali menguasai dan menjajah Indonesia. Berangkat dari ide tersebut, rakyat Indonesia kemudian bergegas melucuti semua senjata yang dimiliki oleh tentara pendudukan Jepang di Indonesia, serta mencari dan mengumpulkan senjata sisa-sisa pasukan Sekutu yang juga dirampas oleh pihak Jepang.

Baca juga :   Kisah Praka Soeprapto : Lengan Kirinya Tertembak GAM
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here