CH-47D Chinook milik Angkatan Bersenjata Yunani
Unit pertama dari 10 unit helikopter angkut berat CH-47D Chinook pesanan Angkatan Bersenjata Yunani.Sumber : defence-blog.com

HobbyMiliter.com – Yunani terima gelombang pengiriman pertama dari 10 unit helikopter angkut berat CH-47D Chinook yang dipesan. Demikian dilaporkan oleh sebuah media nasional Yunani.

Sebanyak tiga unit helikopter tiba di kota pelabuhan Piraeus pada hari Jumat, 11 November 2016. Helikopter – helikopter ini dikirimkan via jalur laut dengan menggunakan kapal angkut yang biasa digunakan untuk mengangkut kendaraan darat. Angkatan Bersenjata Yunani sendiri telah mengoperasikan armada helikopter angkut berat yang terdiri dari 15 unit helikopter CH-47D Chinook

Baca juga :   Malaysia Ajukan Permintaan RFI Untuk Jet Tempur FA50

Pengadaan sebanyak 10 unit helikopter CH-47D ini diajukan oleh pemerintah Yunani dan disetujui oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Pengadaan ini termasuk dukungan peralatan dengan total biaya 150 juta Dollar AS. Adapun pengadaan ini disetujui pada tahun 2014.

Helikopter ini nantinya akan melaksanakan tugas angkut pasukan, mengirimkan suplai untuk unit artileri di medan tempur, serta misi angkut taktis dan strategis lainnya.

Sebanyak lebih dari 1.179 unit helikopter Chinook telah masuk dalam masa operasional di seluruh dunia. Boeing telah mengantarkan lebih dari 480 unit helikopter ini kepada Angkatan Darat Amerika Serikat dan Garda Nasional Amerika Serikat. Unit – unit helikopter Chinook milik AD AS saat ini sedang menjalani upgrade perangkat digital untuk membuat helikopter tersebut tetap dalam medan tempur untuk 20 tahun kedepan.

Baca juga :   Kudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

Boeing juga telah melakukan ekspor unit helikopter Chinook untuk pasukan militer di berbagai negara. Diantaranya Argentina, Australia, Jepang, Kanada, Norwegia, Spanyol, Inggris, dan tiga negara di wilayah Timur Jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here