Thursday, May 19, 2022
HomeBlog MiliterMenhan Taiwan : Jet Tempur F-16V Bisa Bersaing Hadapi Jet Tempur J-20

Menhan Taiwan : Jet Tempur F-16V Bisa Bersaing Hadapi Jet Tempur J-20

HobbyMiliter.com – Debut awal pesawat tempur siluman terbaru J-20 milik Tiongkok yang ditampilkan pada acara pameran dirgantara Zhuhai Airshow (Airshow China) 2016 rupanya menyedot banyak perhatian dari berbagai negara. Salah satunya yakni Taiwan. Menteri Pertahanan Taiwan, Feng Shih-kuan bahkan melontarkan menyatakan bahwa jet tempur F-16V milik AU Taiwan dapat menghadapi jet tempur J-20 milik Tiongkok tersebut.

“Kita dapat menaruh kepercayaan diri kita pada pesawat tempur F-16V milik kita untuk menghadapi J-20 tersebut,” demikian pernyataan Menhan Taiwan tersebut. Taiwan berencana untuk membeli pesawat jet tempur F-16V dari Amerika Serikat untuk meningkatkan kemampuan dan kuantitas armada jet tempur F-16 yang dimilikinya hingga tahun 2022.

BACA JUGA :  Disebut “Usang,” Pemimpin Uni Eropa Balik Serang Donald Trump

Sementara itu, pada sebuah siaran TV nasional Tiongkok, CCTV, perwira senior sekaligus profesor pada Universitas Pertahanan Nasional, Kolonel Fang Bing menyatakan bahwa pernyataan Menteri Pertahanan Taiwan tersebut sebagai “sebuah lelucon”.

“Segala macam pengembangan pada pesawat tempur F-16 tidak akan mengubahnya lebih dari pesawat tempur generasi ke 3,5. Sementara J-20 merupakan pesawat tempur generasi ke 4. Dalam standar Amerika dan Rusia, pesawat ini telah masuk dalam generasi pesawat tempur ke 5. Jadi ada ‘jarak’ yang cukup jauh antara mereka (F-16V dan J-20, red)” demikian kata Kolonel Fang. Ia juga menambahkan bahwa jika F-16V ber duel dengan J-20, maka F-16V tidak akan memiliki ‘kesempatan untuk menang’.

BACA JUGA :  Kurdistan Suriah Pukul Mundur Front Al-Nusra dan Kuasai Pangkalan Udara Dekat Turki

Berdasarkan keterangan Kolonel Fang, debut awal dari J-20 membuatnya menjadi pesawat ketiga dari jenis pesawat generasi ke 4 yang masuk dalam layanan aktif, mengikuti F-22 dan F-35 milik AU Amerika Serikat.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk...

0
Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU - HobbyMiliter.com - Pada tahun 2009, Duta Besar Indonesia untuk Qatar,...

Recent Comments