Tradisi Bersih-Bersih Pesawat Di Lanud Supadio

1
4448
Tradisi Bersih-Bersih Pesawat Di Lanud Supadio
Tradisi bersih-bersih pesawat di lanud Supadio. Tampak dalam gambar beberapa unit jet tempur Hawk 109 sedang dibersihkan. Sumber : JMP / Istimewa.

HobbyMiliter.com – Tradisi Bersih-Bersih Pesawat Di Lanud Supadio. Pangkalan Udara atau Lanud Supadio yang berada di kota Pontianak, Kalimantan Barat, merupakan homebase atau markas dari Skuadron Udara 1 “Elang Khatulistiwa” TNI AU. Skuadron ini memiliki kekuatan alutsista berupa pesawat jet tempur jenis Hawk 109/209 buatan BAe Inggris.

Selasa, 27 Desember 2016 kemarin, Skuadron Udara 1 “Elang Nusantara” melaksanakan kegiatan “Mandi Pesawat”. Mandi Pesawat merupakan kegiatan mencuci pesawat agar terlihat bersih serta selalu siap digunakan untuk operasional baik operasi patroli rutin wilayah udara, latihan, maupun juga operasi militer. Dalam lingkup internal Skuadron Udara 1, kegiatan Mandi Pesawat ini merupakan suatu tradisi akhir tahun untuk menutup rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Skuadron Udara 1 selama satu tahun.

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Skuadron Udara 1, Letkol Pnb Agung Indrajaya ini melibatkan seluruh personel Skuadron Udara 1 “Elang Khatulistiwa”. Bentuk pelaksanaan prosesi Mandi Pesawat ini diantaranya membersihkan seluruh bagian dari pesawat jet tempur Hawk 109/209 serta peralatan pendukung operasionalnya.

Tradisi Bersih-Bersih Pesawat Di Lanud Supadio. Skadron Udara 1 “Elang Khatulistiwa” yang bermarkas di Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat ini merupakan salah satu kekuatan skuadron tempur TNI AU yang telah sukses mencapai target Zero Accident untuk tahun 2016. Zero Accident adalah upaya dari TNI AU untuk tetap menjaga kemampuan operasional dan kesiapan tempur armada pesawat tempur nya tanpa mengalami kecelakaan atau kerusakan sehingga pesawat dapat tetap digunakan secara maksimal dan dapat tetap bertempur serta tidak membahayakan atau bahkan membunuh pilot yang mengendalikan nya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here