Wednesday, May 22, 2024
HomeBlog MiliterR-Han 122mm, Roket Balistik Armed Buatan Indonesia

R-Han 122mm, Roket Balistik Armed Buatan Indonesia

HobbyMiliter.com – R-Han 122mm, Roket Balistik Armed Buatan Indonesia. Peran roket memang tak bisa diremehkan dalam kemajuan alutsista, karena roket memiliki kemampuan strategis yang patut diperhitungkan. Lihat saja sistem MLRS (Multiple Launch Rokcet System) masih menjadi andalan Amerika dan NATO, sama halnya dengan Indonesia mulai zaman RM70 Grad mulai intensif mempertimbangkan pengembangan roket ini. Keahlian teknologi roket merupakan dasar dari pengembangan rudal (peluru kendali). Karena intinya, rudal merupakan roket yang dilengkapi dengan sensor pemandu serta sistem kendali.

Indonesia telah merintis pengembangan roket semenjak tahun 60-an. Walaupun rancangan roket produksi Dalam Negeri belum Nampak eksis dalam kancah militer, tapi perlahan-lahan mulai Nampak hasilnya, yang artinya sudah digunakan oleh TNI. Salah satu contohnya yaitu R-Han (Roket Pertahanan) 122 mm. Roket ini merupakan jenis balistik bersistem dari permukaan ke permukaan. Jika dilihat dari kalibernya, roket hasil pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhan RI ini memiliki kaliber yang sama dengan roket yang digunakan RM70 Grad milik Korps Marinir TNI AL. Keduanya memiliki jarak tembak sekitar jarak 20-an Km, tetapi untuk R-Han 122 mm dapat menghajar targetn berjarak 24 Km dengan sudut peluncuran 50 derajat.

BACA JUGA :  Angkatan Bersenjata Serbia Akan Terima Ranpur Lazar-2 Akhir 2016

Rhan 2

Kalau dilihat sejarahnya, roket R-Han 122 adalah hasil pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) dari roket D-230 bertipe RX 1210, yang mempunyai kecepatan maksimal 1.8 Mach. Mulai tahun 2007 ketika Kemristek membentuk kelompok D230 yang bertugas mengembangkan roket dengan diameter 122 mm dan berjarak jangkauan 20 kilometer. Prototipe pertama D-230 ini dipesan oleh Kemhan dalam rangka memperkuat program seribu roket. Pemerintah menyusun Konsorsium Roket Nasional yang diketuai oleh PT Dirgantara Indonesia (DI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mobile ATC di MONAS

Mobile ATC di MONAS

0
Ada yang menarik dari kegiatan flypass T-50 dan F-16 di atas Istana Negara, 17 Agustus silam. Ternyata kegiatan flypass ini didukung oleh mobile ATC milik...

Recent Comments