Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaC-390M Millennium Dipilih Belanda Gantikan C-130 Hercules

C-390M Millennium Dipilih Belanda Gantikan C-130 Hercules

Hobbymiliter.com – C-390M Millennium Dipilih Belanda Gantikan C-130 Hercules. Pemerintah Belanda resmi memilih pesawat angkut C-390M Millennium buatan Embraer perusahaan produsen pesawat terbang asal Brazil, guna menggantikan armada pesawat C-130H Hercules yang dimiliki oleh Angkatan Udara Belanda. Unit pesawat angkut sedang bermesin jet C-390M ini nantinya akan menggantikan peranan dari unit pesawat C-130H Hercules yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Belanda. Diketahui sebanyak 4 unit pesawat angkut C-130H Hercules milik Angkatan Udara Belanda akan dipensiunkan dalam waktu dekat menyusul terjadinya penurunan kondisi kesiapan terbang dari pesawat – pesawat tersebut akibat umur pemakaian yang telah cukup panjang.

BACA JUGA :  Foto Foto Alutsista Buatan Rusia Yang Masih Jadi Andalan Negara NATO

Berdasarkan informasi yang diterima oleh HobbyMiliter, sebanyak 5 unit pesawat C-390M Millennium akan menggantikan 4 unit C-130H Hercules milik AU Belanda. Pesawat angkut kapasitas sedang bermesin jet buatan industri pertahanan dalam negeri Brazil itu disebut – sebut mampu memenuhi semua persyaratan yang diajukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan Belanda dan AU Belanda ketika tengah mencari pengganti pesawat C-130H Hercules milik mereka. Selain memenuhi persyaratan teknis, pesawat angkut kapasitas sedang ini juga disebut – sebut tidak membutuhkan perawatan yang begitu rumit dan intens dalam pengoperasiannya.

BACA JUGA :  China: Kami Tidak Akan Ikut Negosiasi Perjanjian Pengurangan Senjata Nuklir

Dalam kontrak proyek pengadaan pesawat angkut kapasitas sedang yang nilainya ditaksir tidak kurang dari 1 hingga 2,5 miliar Euro tersebut, pemerintah Belanda akan mendapatkan sebanyak 5 unit pesawat. Pesawat angkut kapasitas sedang buatan Brazil ini juga dikabarkan berhasil mengalahkan pesawat angkut C-130J Super Hercules yang ditawarkan oleh Lockheed Martin dari Amerika Serikat sebagai alternatif pilihan bagi pemerintah Belanda dan AU Belanda.

Unit pertama dari lima unit pesawat angkut kapasitas sedang bermesin jet yang dipesan oleh Belanda tersebut diperkirakan akan mulai memperkuat Angkatan Udara Belanda pada tahun 2026 mendatang. Dengan memutuskan membeli C-390M Millennium, Belanda akan menjadi negara ketiga yang menggunakan pesawat angkut buatan Brazil ini setelah sebelumnya Hungaria dan Portugal juga membeli pesawat yang sama. Nantinya, unit – unit pesawat angkut C-390M milik Angkatan Udara Belanda tersebut akan turut berpartisipasi dalam misi angkut taktis maupun strategis yang akan dilakukan Belanda bersama negara-negara anggota aliansi NATO lainnya saat dibutuhkan.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Ferry Flight F-16C TNI AU.

Perjalanan Ferry F-16C Blok 52ID TNI AU ke Tanah Air

0
Perjalanan Ferry F-16C Blok 52ID TNI AU ke Tanah Air - HobbyMiliter.com - Dalam perjalanan pulang menuju tanah air, F-16C TNI AU hibah pemerintah...

Recent Comments