Friday, September 17, 2021
HomeBlog MiliterArab Saudi: Kebangkitan Tiongkok Adalah Sumber Kestabilan Dunia

Arab Saudi: Kebangkitan Tiongkok Adalah Sumber Kestabilan Dunia

Hobbymiliter.com – Kebangkitan Tiongkok akan menjadi sumber stabilitas global dan bukannya konflik. Demikian disampaikan oleh Arab Saudi dalam Forum Ekonomi Dunia yang digelar di Davos, Swiss pada Selasa (17 Januari) kemarin.

“Sebagaimana Tiongkok semakin mengintegrasikan diri secara internasional ke dalam sistem ekonomi dan keuangan dunia, merekapun memiliki cita-cita besar untuk mempertahankan stabilitas sistem tersebut,” ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir.

“Jadi saya pikir kebangkitan Tiongkok harus disambut, dan bukannya dipandang sebagai sumber ancaman,” kata al-Jubeir dalam diskusi acara yang dihadiri 3.000 tokoh-tokoh internasional itu.

BACA JUGA :  Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS

Seperti diketahui, Tiongkok adalah konsumen nomor satu bagi ekspor minyak mentah Arab Saudi dengan volume pengiriman sebanyak 1,05 juta barel setiap harinya.

Pernyataan al-Jubeir muncul pasca komentar Presiden Tiongkok, Xi Jinping yang memperingatkan agar tidak mengkambinghitamkan globalisasi sebagai alasan untuk membuat kebijakan proteksionis. Pernyataan ini tentu berbanding terbalik dengan suara Donald Trump yang kerap menuding Tiongkok sebagai biang keladi hilangnya lapangan pekerjaan buruh pabrik di Amerika Serikat.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua