Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterPeremajaan Jet Tempur F-16V Milik Taiwan Resmi Dimulai

Peremajaan Jet Tempur F-16V Milik Taiwan Resmi Dimulai

Hobbymiliter.com – Taiwan resmi memulai proses pembaharuan unit jet tempur F-16 Fighting Falcon yang mereka miliki ke versi F-16V terbaru yang telah diperkenalkan oleh Lockheed Martin. Dalam laporan pada hari Selasa (17 Januari) kemarin, unit jet perdana telah tiba di fasilitas Aerospace Industrial Development Corp di kota Taichung, Taiwan.

Empat unit F-16A/B (Fighting Falcon) milik Angkatan Udara Republik Tiongkok akan dipasang dengan teknologi terbaru. Keempatnya telah diterbangkan ke fasilitas yang terletak di sebelah timur laut pulau Formosa (Taiwan) sebelum proyek peremajaan tersebut diumumkan ke publik.

BACA JUGA :  Pasca Peluncuran Rudal Jarak Dekat, Kim Jong-un Perintahkan Lebih Banyak Ujicoba Rudal Nuklir

Hingga berita ini diturunkan, Lockheed Martin belum memberi konfirmasi dan komentar apa-apa mengenai rincian berita tersebut.

Versi F-16V pertama kali diperkenalkan dalam pameran Singapore Airshow di tahun 2012. Unit jet tempur tersebut mengadopsi radar Active Electronically Scanned Array (AESA) AN/APG-83 buatan Northtrop Grumman (juga dikenal dengan julukan Scalable Agile Beam Radar [SABR]). Radar tersebut merupakan versi turunan dari AN/APG-80 yang tedapat dalam model F-16E/F Block 60. Selain itu, ada pula komputer pelaksana misi buatan Raytheon, datalink Link 16, layar kokpit modern, sistem perang elektronik mutakhir, dan sistem anti kecelakaan darat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Recent Comments