Saturday, October 1, 2022
HomeBlog MiliterKetika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Pagi itu, mereka diperintahkan mengawal (air escort) operasi lintas udara di Lanud Sultan Iskandar Muda. Sekitar 468 personel Batalion Infanteri Linud 502 Kostrad pagi itu diterjunkan di lanud untuk mengamankan pangkalan sekaligus sebagai elemen kejutan bagi Operasi Militer lawan GAM. Selain Hawk, tiga OV-10 Bronco juga diterbangkan dari Medan. Sungguh crowded air traffic di sekitar Medan di pagi itu.

Kurang lebih satu jam kemudian, ke empat Hawk membuat manuver high speed run di atas lanud sasaran penerjunan. Beberapa detik di belakangnya, menyusul enam C-130 memuntahkan pasukan para. Operasi militer pemulihan keamanan di NAD pun dimulai.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

    • Bukankah Pemberontak ya tetap pemberontak? Bukan kah kritikan tetap kritikan ? Jangan jadikan agama menjadi bagian akhir sebuah kritrikan

    • Republik Maluku Selatan itu “Kristen”, tapi ditumpas secara militer tuh? Korban OPM juga sesama rakyat Papua, masih inget gak penyanderaan satu desa di Papua oleh OPM, mereka “Kristen” tuh?

      Jangan SARA bos. Biar gimanapun juga leluhur kita entah itu Muslim, Kristen, Hindu, Buddha semua sama-sama memperjuangkan negeri ini saat perang kemerdekaan melawan Agresi Militer Belanda. Untuk kepentingan bersama, bukan golongan.

      Dan jangan samakan level GAM dengan OPM. Intensitas konflik bersenjata di Aceh lebih tinggi karena GAM lebih besar jumlahnya dan lebih lengkap persenjataannya, sementara di Papua OPM terbatas persenjataannya sebatas senjata rakitan. Percuma mengerahkan pesawat untuk target yang bahkan tidak kita ketahui konsentrasinya di mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal Perang PKR ke-3 dan Seterusnya, Sepenuhnya Akan Diproduksi Oleh PT PAL Indonesia

Kapal Perang PKR ke-3 dan Seterusnya, Sepenuhnya Akan Diproduksi Oleh PT...

1
Hobbymiliter.com - Senin lalu, PT PAL Indonesia telah meluncurkan kapal perang ‘perusak’ terbaru jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) dalam upacara peluncuran di Galangan Kapal...
S-400 Missile System-FeatureImage

S-400 Missile System Details

Recent Comments