Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterKetika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Secara umum, Hawk 200 Mk-60 yang diberi kode khusus Indonesia Hawk 209 memiliki banyak kelebihan dari versi terdahulu Mk-53. Menurut BAe, mesin Adour Mk.871 lebih kuat 25 persen dari seniomya. Kehebatan lain adalah dipasanginya alat pengendus malam hari (FLIR).

Pada rancangan bodi juga terlihat ada sentuhan. Penggunaan sayap tempur (combat wing) dengan sirip manuver tempur secara sadar dirancang untuk meningkatkan kinerja pesawat dalam pertempuran udara. Masih lagi ditambahkan chaff dan flare di bagian belakang sebagai sistem pertahanan diri.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

Selain kemampuan serangan darat, Hawk 209 juga bisa digelar melakukan interdiksi dan mendukung misi maritim.

Dengan cantelan persenjataan yang bisa digunakan untuk berbagai macam senjata, Hawk seri 200 memang bisa multifungsi. Bobot lebih besar ini memungkinkannya untuk mengubah misi intai tempur menjadi misi penyerangan. Baik untuk sasaran di darat maupun di laut.

Hawk 200 adalah mumi pesawat tempur. Sementara saudaranya Hawk 100 adalah versi latih yang sewaktu-waktu juga bisa diubah jadi versi tempur. Kemampuan ini disebut sebagai enhanced ground attack Hawk alias Hawk serang darat yang ditingkatkan (kemampuannya).

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

    • Bukankah Pemberontak ya tetap pemberontak? Bukan kah kritikan tetap kritikan ? Jangan jadikan agama menjadi bagian akhir sebuah kritrikan

    • Republik Maluku Selatan itu “Kristen”, tapi ditumpas secara militer tuh? Korban OPM juga sesama rakyat Papua, masih inget gak penyanderaan satu desa di Papua oleh OPM, mereka “Kristen” tuh?

      Jangan SARA bos. Biar gimanapun juga leluhur kita entah itu Muslim, Kristen, Hindu, Buddha semua sama-sama memperjuangkan negeri ini saat perang kemerdekaan melawan Agresi Militer Belanda. Untuk kepentingan bersama, bukan golongan.

      Dan jangan samakan level GAM dengan OPM. Intensitas konflik bersenjata di Aceh lebih tinggi karena GAM lebih besar jumlahnya dan lebih lengkap persenjataannya, sementara di Papua OPM terbatas persenjataannya sebatas senjata rakitan. Percuma mengerahkan pesawat untuk target yang bahkan tidak kita ketahui konsentrasinya di mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

52-korut-kami-bisa-mengubah-as-jadi-butiran-debu

Korut: Kami Bisa Mengubah Pasukan AS Jadi Butiran Debu

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara membuat pernyataan bernada ancaman dalam surat yang mereka kirim ke badan PBB, menyusul pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh badan perserikatan...

Recent Comments