Friday, September 30, 2022
HomeBlog MiliterKetika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Sementara penerjunan selesai dilakukan, Hawk bergegas kembali ke Medan untuk refuel. Selepas refuel yang dilakukan dengan sangat cepat, perintah kedua telah menunggu: melindungi pendaratan 1.300 personel PPRC Marinir di pantai Desa Teupin, Jalo. Pasukan pendarat berasal dari Batalion Tim Pendarat-1 Marinir, Surabaya.

Seluruh misi hari itu dilakukan dengan terbang rendah menyusuri kontur bumi, hal ini dimaksudkan agar satu flight Hawk 209 Skadron Udara 12 Pekanbaru tersebut mampu memberikan efek kejutan kepada GAM dalam misi pengamanan kedua pendaratan, linud dan marinir..

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

    • Bukankah Pemberontak ya tetap pemberontak? Bukan kah kritikan tetap kritikan ? Jangan jadikan agama menjadi bagian akhir sebuah kritrikan

    • Republik Maluku Selatan itu “Kristen”, tapi ditumpas secara militer tuh? Korban OPM juga sesama rakyat Papua, masih inget gak penyanderaan satu desa di Papua oleh OPM, mereka “Kristen” tuh?

      Jangan SARA bos. Biar gimanapun juga leluhur kita entah itu Muslim, Kristen, Hindu, Buddha semua sama-sama memperjuangkan negeri ini saat perang kemerdekaan melawan Agresi Militer Belanda. Untuk kepentingan bersama, bukan golongan.

      Dan jangan samakan level GAM dengan OPM. Intensitas konflik bersenjata di Aceh lebih tinggi karena GAM lebih besar jumlahnya dan lebih lengkap persenjataannya, sementara di Papua OPM terbatas persenjataannya sebatas senjata rakitan. Percuma mengerahkan pesawat untuk target yang bahkan tidak kita ketahui konsentrasinya di mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Sultan Hasanuddin 366 Ikut Latihan Perkasa A 2022 TNI AU

KRI Sultan Hasanuddin 366 Ikut Latihan Perkasa A 2022 TNI AU

0
Hobbymiliter.com – Pada tanggal 19 Maret 2022, kapal perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Hasanuddin 366 mendeteksi kontak udara yang diduga musuh saat tengah berlayar...

Recent Comments