Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus

0
1412
Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus
Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus. Ilustrasi Jet Tempur F15 Tembakkan Rudal Jelajah Taurus. Sumber : boeing

HobbyMiliter.com –¬†Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus.¬†Korea Selatan menambah pesanan rudal jelajah KEPD 350K Taurus setelah membeli tidak kurang dari 170 hingga 180 unit rudal jelajah tersebut pada 2013 silam. Pasca mengumumkan kesuksesan uji tembak rudal jelajah tersebut pada tanggal 13 September 2017 lalu, pemerintah Korea Selatan baru – baru ini dikabarkan hendak membeli lagi rudal jelajah KEPD 350K Taurus untuk memperkuat Angkatan Udara Korea Selatan yakni Republic Of Korea Air Forces (ROKAF). Dikabarkan sebanyak 90 unit rudal jelajah Taurus dipesan oleh pemerintah Korea Selatan pada kontrak kali ini. Meski demikian, tidak ada keterangan lebih lanjut terkait informasi ini baik dari pihak Defence Acquisition Program Administration (DAPA) selaku lembaga yang mengurusi pengadaan sistem senjata dan kelengkapan militer untuk Angkatan Bersenjata Korea Selatan.

BACA JUGA :  USS Nitze Serang Fasilitas Radar Pemberontak Houthi

Sebelumnya pada tahun 2013, telah dipesan sebanyak 170 hingga 180 unit rudal jelajah KEPD 350K Taurus. Dengan dipesannya kembali rudal tersebut maka dapat dipastikan Korea Selatan akan memiliki tidak kurang dari 270 rudal jelajah tersebut. Selain Korea Selatan, rudal jelajah Taurus juga telah dioperasikan oleh Jerman dengan dipasangkannya rudal tersebut sebagai salah satu senjata yang dapat dibawa oleh pesawat jet tempur Panavia Tornado yang dimilikinya. Spanyol juga tercatat mengoperasikan sistem senjata ini melalui pesawat jet tempur Eurofighter Typhoon yang memperkuat Angkatan Udara-nya. Satu hal yang membedakan rudal Taurus pesanan Korea Selatan dengan rudal yang sama yang dioperasikan oleh negara – negara lain adalah pada perlengkapan navigasi GPS (Global Positioning System) yang juga diperlengkapi dengan modul SAASM atau Selective Availability Anti-Spoofing Module yang dipasangkan untuk menghadang jamming dari sistem pengacak sinyal atau jammer milik lawan.

BACA JUGA :  Mengintip Drone Militer Terbaru Rusia, Punya Roket Anti-Tank dan Penyembur Api

Dengan kemampuan membawa hulu ledak seberat 481 kilogram, rudal jelajah ini mampu menghajar sasaran yang berada pada jarak tak kurang dari 500 kilometer. Hadirnya sistem senjata berbasis rudal jelajah Taurus pada Angkatan Udara Korea Selatan memberikan kemampuan lebih bagi para pilot jet tempur F15K milik Korea Selatan dalam melaksanakan misi serangan Stand-Off dari jarak jauh. Selain itu, kemampuan rudal jelajah Taurus untuk menghantam target – target yang memiliki struktur beton atau baja sebagai perlindungan (Hardened Targets) dengan akurasi tingkat tinggi semakin membuat AU Korea Selatan lebih percaya diri untuk menghadapi ancaman dari potensi kekuatan lawan, secara tidak langsung, Korea Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here