Wednesday, February 8, 2023
HomeBlog MiliterBarbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti Los Angeles, Virginia dan Seawolf mungkin menjadi yang pertama terbayang, namun tahukah anda bahwa AS pernah membuat kapal selam diesel yang dapat dibilang termodern pada masanya yaitu Barbel Class.

Barbel Class.SS580
USS Barbel. kapal selam pertama dari Barbel Class. Saat peluncuran

Albacore ke Barbel, sebuah paradigma baru.

Barbel class tak dapat dipisahkan dari AGSS Albacore. Albacore sendiri merupakan sebuah kapal selam eksperimental Angkatan laut AS. Ia dibuat sebagai platform uji untuk menguji berbagai fitur hidrodinamika baru untuk kapal selam masa depan. Albacore mulai dibuat pada tahun 1950, dan resmi masuk dinas aktif pada tahun 1953.

BACA JUGA :  Kendaraan Tempur Anti Tank Centauro II Mulai Tampakkan Diri
AGSS-569 Albacore
Kapal selam Albacore. Pelopor pemakaian “teardrop shape” untuk lambung kapal selam

Satu fitur fundamental daripada Albacore adalah bentuknya yang menyerupai kapal udara Zeppelin atau istilah kerennya disebut “tear drop shape”. Bilamana U-boat type 21 (XXI) mempelopori pengurangan hambatan hidrodinamika dengan mengurangi jumlah sirip dan secara umum menghaluskan bentuk kapal selam. Fitur ini yang menjadi “senjata utama” dalam pembuatan Barbel class dan kemudian Skipjack.

Albacore mengambil langkah lebih jauh dengan perubahan desain secara umum dengan pemakaian bentuk hidrodinamik yang menyerupai tetesan air mata (karena itu disebut teardrop shape).

BACA JUGA :  STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia
Albacore
Model USS Albacore sedang diujicoba di terowongan angin

Bentuk semacam ini mengurangi hambatan hidrodinamik. Pengurangan hambatan memungkinkan kapal selam untuk melaju lebih cepat didalam air dengan hanya sedikit tenaga. Selain itu kapal selam akan lebih senyap karena tidak banyak turbulensi atau olakan air yang terjadi sewaktu kapal selam bergerak, tentunya dalam batas tertentu.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pengobatan Massal Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara.

Pengobatan Massal Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara

0
Satgas Yonif Linud 503 Mayangkara kembali melaksanakan Pengobatan masal secara Gratis dengan mendatangkan Mobil sehat Mayangkara Ke Pos-pos di wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya di...

Recent Comments