Tuesday, March 19, 2024
HomeBlog MiliterNasib AIM-9X Sidewinder Block II Di Indonesia

Nasib AIM-9X Sidewinder Block II Di Indonesia

HobbyMiliter.com – Nasib AIM-9X Sidewinder Block II Di Indonesia. Pada pertengahan 2015 yang lalu, Pemerintah Amerika memberikan tawaran paket  rudal udara ke udara jarak pendek AIM-9X Sidewinder kepada Indonesia. Melalui program FMS (Foreign Military Sale), Amerika memberikan tawaran beberapa rudal tercanggih itu seharga US$47 juta. Dan menjelang dua tahun kemudian, nasib AIM-9X di Indonesia semakin jelas terlihat. Berdasarkan pernyataan Departemen Pertahanan Amerika pada 31 Maret 2017 yang lalu, dikatakan bahwa Raytheon Co, Missile Systems sudah menerima kontrak produksi sebanyak 317 unit AIM-9X, dan di dalamnya juga terdapat unit pesanan TNI AU.
AIM 2

Raytheon menerima kontrak sebesar US$199.757.307 untuk produksi AIM-9X yang dipesan oleh militer Amerika dan beberapa Negara lainnya. Selain Indonesia, negara lainnya yang memesan Sidewinder paling modern ini meliputi Polandia, Australia, Taiwan, Rumania serta Belanda. Melalui perjainjian kontraknya N00019-15-C-0092 telah memaparkan kontrak pemesanan suku cadang Sidewinder oleh Turki, Finlandia, Denmark, Israel, Maroko, Swiss, Jepang, Singapura, Norwegia, Arab Saudi serta Korea Selatan .

BACA JUGA :  SS2-V7: Senapan Subsonic Buatan Pindad

AIM 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Helikopter Bell 412 Penerbad melakukan latihan terbang kota dengan terbang rendah di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan ini sempat menghebohkan masyarakat karena dianggap tidak biasa.

Latihan Terbang Kota Penerbad

0
HobbyMiliter.com -  Helikopter Bell 412 Penerbad melakukan latihan terbang kota dengan terbang rendah di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan ini sempat menghebohkan masyarakat karena...

Recent Comments