Wednesday, May 22, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangRNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS4

Untuk menghadapi kapal selam, RNS Varyag pun sudah pasti siap, dengan berbekal 2×12 pucuk roket anti kapal selam RBU-6000, jenis alutsista juga digunakan oleh TNI AL pada armada korvet Parchim Class. Dan tak lupa juga 10 tabung (2×5) torpedober kaliber 533 mm. Di bagian buritan terdapat hanggar serta deck yang bisa dimuati satu unit helikopter anti kapal selam berjenis Ka-25/Ka-27 Kamov.

Dengan segudang persenjataan yang dibawanya, sudah pasti kapal penjelajah ini dilengkapi banyak sensor di menaranya. Untuk fire control saja menggunakan Volna/Top Dome SA-N-6 SAM control, MPZ-301 Baza/Pop Group SA-N-4 SAM control serta Argument/Front Door-C SSM control.

BACA JUGA :  Messerschmitt Me-262, Senjata Pamungkas Jerman di WW2

Untuk Radarnya sudah tentu varian terbaru, seperti MR-800 Voshkod/Top Pair 3-D long range air search, MR-700 Fregat/Top Steer (first two) atau MR-710 Fregat-MA/Top Plate (second two) 3-D air search. Juga terpasang sonar MG-332 Tigan-2T/Bull Nose hull mounted LF dan Platina/Horse Tail MF VDS.

Dari sejarahnya, RNS Varyag termasuk jenis Salva Class Cruiser, dimana anggota dari Salva Class terdapat empat kapal perang. Kapal perang ini dibuatan di 61 Kommunara pada tahun 1979, dan resmi rampung pada tahun 1983. Tapi RNS Varyag resmi beroperasi pada AL Rusia baru di tahun 1989. Kapal berbobot penuh 11.490 ton ini memiliki panjang sekitar 186,4 meter dan dioperasikan sekitar 480 personel (62 perwira).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

DSME Raih Kontrak Produksi Dua Frigate FFX II Baru Untuk AL Korsel

DSME Raih Kontrak Produksi Dua Frigate FFX II Baru Untuk AL...

0
DSME Raih Kontrak Produksi Dua Frigate FFX II Baru Untuk AL Korsel - HobbyMiliter.com - Perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and...

Recent Comments