Tuesday, March 21, 2023
HomeAlutsistaRudalRiwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Riwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Riwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal – HobbyMiliter.com – Label dan perannya sama, yaitu sebagai rudal pertahanan udara tipe SHORAD (Short Range Air Defence) atau rudal jarak dekat, yang diberi nama Sea Cat. Tapi ada 2 varian dari Sea Cat yang diproduksi di waktu yang berbeda.

Rudal Sea Cat yang pertama adalah pabrikan Short Brothers, perusahaan asal Inggris, lalu yang kedua adalah rudal Sea Cat generasi baru (Next Generation) yang didesain oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Dislitbangal) menggandeng Laboratorium Otomasi dan Robotika ITB (Institut Teknologi Bandung).

BACA JUGA :  Beda Persepsi Antara KSAU dan Menhan Tentang Pesawat Angkut Berat

sea-cat1

Walaupun memiliki label dan fungsi yang sama, kedua varian Nampak terlihat berbeda. Sea Cat versi lama memiliki bentuk agak pendek dengan kelir putih merah. Sedangkan Sea Cat varian “Next Generation” desain Dislitbangal bentuknya lebih panjang serta bongsor, agak mirip desain rudal anti kapal tipe MM38 Exocet, merupakan jenis rudal legendaries yang pernah dioperasikan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) TNI AL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pandur II Ilustration

Republik Ceko Pasok Kendaraan Jembatan Ponton Dan Panser Pandur II Untuk...

0
HobbyMiliter.com - Czechoslovak Group, perusahaan terbesar dalam bidang manufaktur pertahanan di negara Republik Cekoslovakia, dikabarkan telah membukukan kontrak penjualan kendaraan militer Tatra, kendaraan tempur APC...

Recent Comments