endurance-cover

HobbyMiliter.com – Endurance Class 170, Konsep Kapal Induk Helikopter Milik Singapura. Jika Singapura tidak membatalkan pengadaan pesawat tempur stealth STOVL (Short Take Off and Vertical Landing) F-35B, maka bisa jadi program rancangan kapal induk helikopter Endurance Class 160 akan segera selesai. Bahkan dalam acara IMDEX Asia 2017 (16 – 18 Mei 2017) yang dilaksanakan di Changi, Singapura, Singapore Technologies Marine mengeluarkan rancangan terbaru mengenai Endurance Class yang memiliki lambung lebih panjang, yang diberi label Endurance Class 170. Desain lambung yang lebih panjang membuat Endurance Class 170 mampu menempatkan Landing Platform Helicopter (LPH) atau Landing Helicopter Assault (LHA),  ditambah lagi dengan meriam berkaliber 76 mm di bagian anjungannya.

Beda jalur dengan Thailand yang telah mengeluarkan sebuah kapal induk yaitu HTMS Chakri Naruebet 911, maka nasib Singapura dan Indonesia masih setara dalam hal pengadaan kapal induk, yaitu masih berupa konsep (blue print) yang diwujudkan dalam mock up. Rancangan kapal induk Indonesia juga berbasis pada LPH, tapi desain yang dibuat oleh PT PAL berbasis struktur kapal kargo Star 50 yang mengusung Double Skin Bulk Carrier.

Dilihat dari sisi siapa yang unggul, rancangan Endurance Class 170 jelas lebih unggul, karena desain kapal yang dijuluki Joint Multi Mission Ship (JMSS), yaitu kapal tidak cuma berfungsi sebagai kapal induk helicopter saja, tetapi juga memiliki fungsi sebagai Landing Platform Dock (LPD). Kelebihan ini membuat Endurance Class hampir sama dengan LPD seperti Makassar Class milik TNI AL, di bagian buritannya memiliki dock basah yang mampu menampung 2 LCU (Landing Craft Utility). Endurance Class 170 memiliki flight deck dengan luas 4.200 meter persegi mampu menampung hingga 10 helikopter berukuran menengah, sejenis S-70B Seahawk.

Baca juga :   Nasib Kapal Induk HTMS Chakri Naruebet milik Thailand

Berpatokan pada LHA USS Tarawa/Wasp Class, Endurance Class 160/170 diramalkan akan mampu mendaratkan jet tempur sekelas F-35B (naval version). Singapura pada bulan Desember 2014 sudah menunjukkan ketertarikannya untuk mencari informasi tentang pengadaan jet tempur F-35, dan berlanjut pada tahun 2015 yang tertarik pada varian paling modern dari F-35 yaitu F-35B. Jet tempur F-35B didesain khusus untuk Korps Marinir AS dan sudah dipesan oleh Italia serta Inggris. Pesawat ini mempunyai kelebihan untuk melakukan pendaratan secara vertikal pada landasan tak terawat serta mampu take-off pada jarak pendek. Tapi pada Agustus 2016, Singapura katanya menunda rencana pengadaan 12 unit jet tempur F-35B pabrikan Lockheed Martin. Pembelian baru akan dilaksanakan pada tahun 2022, dengan pemesanan 20 unit.

Sedangkan rincian desain mengenai Endurance Class 170, selain dikabarkan memliki panjang lambung mencapai 170 meter, kapal induk ini memiliki bobot mencapai 19.000 ton serta lebar 30,8 meter. Dioperasikan sejumlah 140 personel dan 150 aircrew. Endurance Class 170 juga mampu mengangkut sekitar 400 prajurit infanteri. Memiliki peran tambahan sebagai kapal pendarat (LPD), Endurance Class 170 juga bisa mengangkut 17 tank dan 30 kendaraan yang berbobot 30 ton. Fungsi sebagai kapal medis pun juga bisa dilakukan dengan adanya medical facility seluas 1.000 meter persegi. Endurance Class 170 mampu melesat dengan kecepatan maksimumnya 20 knots dan jarak jelajah mencapai 12.964 km, sedangkan endurance pada lautan hingga 30 hari.

Baca juga :   Nasib Kapal Induk HTMS Chakri Naruebet milik Thailand

Dari segi persenjataan, selain memiliki meriam reaksi cepat berkaliber 76 mm, juga dilengkapi dengan kanon CIWS (Close In Weapon System) berkaliber 30 mm dan vertical-launch missile system. ST Marine juga telah berpengalaman dalam pembanguan LPD dari kelas Endurance (Endurance Class 140). Jika LPD TNI AL dikerjakan atas lisensi dari Korea Selatan. Maka LPD Endurance buatan Singapura didesain dan dibangun secara lokal oleh ST Marine. Totalnya ada 4 varian LPD yang dimiliki AL Singapura, yaitu RSS Endurance, RSS Resolution, RSS Pesistence dan RSS Endeavour

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA