Sunday, October 2, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangHMAS Sirius, Kapal Tanker Militer Terbesar Se Lautan Pasifik

HMAS Sirius, Kapal Tanker Militer Terbesar Se Lautan Pasifik

sirius-2

Selain KRI Arun 903, TNI AL juga memiliki beberapa kapal tanker yang berukuran lebih kecil, contohnya KRI Tarakan 905, KRI Sorong 911, KRI Sambu 902, dan KRI Balikpapan 901. Tapi tak seluruhnya siap untuk beroperasi dalam misi RAS, dikarenakan usianya yang tua, dan juga tingkat kesiapan pada operasi serta kemampuan jelajah merupakan beberapa faktor penyebab opsi penggunaan kapal tanker tidak difungsikan untuk mendukung Satgas Duta Samudera I.

HMAS Sirius O266

Peran kapal tanker merupakan keharusan yang dimiliki setiap angkatan laut, tapi kalau ditanya siapa kapal tanker terbesar se kawasan Asia Tenggara dan Australia, menjadi bahasan yang cukup menarik untuk disimak. Karena tonase serta kapasitas kapal tanker merupakan cerminan seberapa hebat armada maritim dari suatu negara dalam operasi-operasi yang jauh dari pangkalannya. Dan jawaban dari pertanyaan diatas, maka hingga kini masih disandang oleh HMAS Sirius bernomer lambung O266 milik AL Australia (Royal Australian Navy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

2-tiongkok-beli-24-unit-sukhoi-su-35

Inilah Alasan Tiongkok Beli 24 Unit Sukhoi Su-35 Dari Rusia

0
Hobbymiliter.com - Pembelian 24 unit jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia dengan total biaya $2 miliar adalah transaksi militer terbesar kedua dalam sejarah Rusia dan...

Recent Comments