Wednesday, May 22, 2024
HomeAlutsistaRudal85RU Rastrub, Alutsista Dual Purpose Weapon Rudal - Torpedo asal Rusia

85RU Rastrub, Alutsista Dual Purpose Weapon Rudal – Torpedo asal Rusia

85RU Rastrub, Alutsista Dual Purpose Weapon Rudal – Torpedo asal Rusia – HobbyMiliter.com – Perkara membuat senjata yang seram seram bentuk dan fungsinya memang Rusia kampiunnya. Termasuk RU-85 Matell ini yang berfungsi two-in-one. Tak cuma untuk menggasak sasaran di permukaan laut, Matell bisa juga melahap aneka mangsa di dasar lautan.

Rudal-torpedo 85RU Rastrub lansiran biro perancang Raduga (Rusia) yang punya nama resmi RPK-5 Rastrub ini sejatinya adalah hasil pengembangan rudal permukaan jenis SS-N-14 Silex dan telah beroperasi di frigat kelas Krivak dan penjelajah kelas Kresta 2 sejak 1970. Belakangan mulai dipakai secara terbatas di penjelajah kelas Nikolayev dan kelas Kirov, serta perasak kelas Udaloy.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

Semula pihak Barat mengira 85RU Rastrub sebagai pengganti rudal permukaan jenis SS-N-3 Shaddock yang kuno dan telah nongkrong belasan tahun di penjelajah kelas Kyrda dan Kresta 1.

Rastrub relatif tak butuh banyak tempat di atas geladak kapal AL Uni Soviet yang selalu sesak aneka perangkat tempur. Awalnya tiap kapal dimodali dua unit peluncur yang bertengger di bagian haluan, masing-masing berisi tujuh rudal. Belakangan ditingkatkan jadi dua kali lipat tapi dengan isi hanya empat rudal.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Su-24-Bomber

Co-Pilot Sukhoi Su-24 yang Tertembak, Putra Terbaik Russia

0
HobbyMiliter.com - Pada hari Selasa 24 november 2015 yang lalu, Kapten Penerbang Konstantin Murahtin bertugas menjadi co-pilot pada sebuah misi penerbangan Su-24 (kode NATO...

Recent Comments