USS Bunker Hill
USS Bunker Hill, Kapal Pennjelajah Kelas Ticonderoga Milik AL Amerika Serikat Saat Melaksanakan Penembakan Meriam Utama di Haluan Serta Meriam Sekunder di Buritan Secara Bersamaan.Sumber : Situs Resmi AL Amerika Serikat.

HobbyMiliter.com – Selamat Tinggal Ticonderoga. Angkatan Laut Amerika Serikat akan mulai kehilangan armada “kapal kombatan berukuran besar” yang dimilikinya pada medio 2020 an nanti. Ini disebabkan adanya rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah kelas Ticonderoga yang merupakan kapal kombatan terbesar dalam tubuh Angkatan Laut Amerika Serikat saat ini.

Kapal – kapal ini rencananya akan mulai dipensiunkan sejak tahun 2020. Diawali dengan pensiunnya USS Mobile Bay dan USS Bunker Hill yang akan memasuki masa pengabdian 35 tahun pada tahun 2020 tersebut. Meskipun demikian, ada beberapa kalangan yang tidak atau kurang menyetujui rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah tersebut. Banyak alasan yang mendasari sikap kontra tersebut. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan akan kapal yang “besar, bisa memuat banyak rudal dalam satu kapal, serta kemampuan kapal penjelajah yang sanggup menjelajah jarak jauh untuk mengawal kepentingan internal strategis Amerika”.

Baca juga :   Israel Uji Coba Sistem Hanud Rudal David Sling Hasil Pengembangan Terbaru

Amerika Serikat sendiri saat ini memang menghadapi banyak musuh baik secara Geografis maupun Taktis-Strategis. Sebut saja Tiongkok yang dengan bangga nya memamerkan kapal perusak Type 055A nya yang terbaru. Kapal perang ini nantinya akan dapat membawa kurang lebih 108-118 tabung peluncur rudal dengan kombinasi rudal anti kapal permukaan, rudal anti kapal selam, serta rudal jelajah dan rudal anti serangan udara. Untuk kapal perang kelas Tconderoga milik AS ini, dibekali dengan kurang lebih 122 tabung peluncur rudal. Diperkirakan dengan adanya rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah tersebut, Angkatan Laut AS akan secara signifikan mengalami penurunan jumlah tabung peluncur rudal dalam armada kapal tempur kombatan permukaan air nya sebanyak 25 persen.

Baca juga :   Turunkan Intensitas Militer di Suriah, Rusia Pulangkan Kapal Induk Laksamana Kuznetsov

Dengan pensiun nya armada Kapal Perang kelas Penjelajah Ticonderoga dari jajaran kombatan permukaan Angkatan Laut Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 2020 mendatang, otomatis Amerika harus mencari kapal bendara (Flagship) baru untuk meng akomodir Laksamana atau panglima Armada dalam tugasnya di lautan. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa selain Kapal Induk Nuklir (CVN) Angkatan Laut Amerika juga mengoperasikan Kapal Penjelajah berpeluru kendali (CG) untuk menjadi kapal bendera atau Fagship bagi armada gugus tempur laut milik AL Amerika Serikat.

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA