Wednesday, November 30, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurSukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Kesepatakan produksi lisensi pesawat Flanker India dituangkan dalam kesepakatan transfer teknologi secara penuh dengan kode Deep License. Dalam proyek ini India membuat sedikitnya 920 mesin AL-31FP melalui pabrik HAL di Koraput. Sementara rangka pesawat dan komponen lain dikerjakan oleh HAL Lucknow dan HAL Hyderabad. Integrasi akhir dan uji terbang, dilaksanakan oleh HAL Ozhar di Nasik.

Su-30MKI pertama produksi HAL diserahkan ke AU India pada 29 November 2005. Pesawat kemudian melakukan uji dinas. Untuk tahap awal HAL hanya merakit kit-kit buatan IAPO. Produksinya sendiri akan dikerjakan secara bertahap mulai tahun 2007/2008 dengan rate awal 10 pesawat per tahun. Dicanangkan tahun 2017/2018 India sudah melengkapi 50 unit Su-30MKI made-in Rusia dengan 140 Su-30MKI produksi dalam negeri. Artinya pula pada tahun ini India sudah memiliki 249 unit Super Flanker.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UU 9/11 Resmi Sah, Janda Marinir AS Adukan Arab Saudi Ke...

0
Hobbymiliter.com - UU Justice Against Sponsor of Terrorism Act (JASTA) atau yang dijuluki dengan The 9/11 Bill resmi sah setelah veto Obama dibalikkan oleh...

Recent Comments