Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

    0
    2437
    Su-30MKI melakukan aerial refueling
    Su-30MKI melakukan aerial refueling

    Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India – HobbyMiliter.com. India tak hanya termashyur melalui lenggak-lenggok tariannya. Lebih dari itu negeri Bharat Janarajya ini memiliki Angkatan Udara modern yang tumbuh dan berkembang cepat bak cendawan di musim hujan. Tengoklah si Super Flanker yang kini menjadi pengawal paling menakutkan raksasa Asia Selatan ini.

    Hanya ada dua negara di Asia yang sedang berlomba menjadi yang terbesar dalam hal kepemilikan Su-30 Flanker. Keduanya adalah India di Asia Selatan dan Cina, si negeri Tirai Bambu di bagian timur. Baik India maupun Cina, masing-masing melakukan lompatan besar (quantum leap). Yakni, dengan membuat “budidaya” Flanker di masing-masing negara.

    BACA JUGA :  EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

    Hebatnya lagi, baik Cina maupun India, keduanya berupaya mengembangkan Flanker menjadi yang terunggul dari masing-masing produk. Bila India berinovasi dengan back-up industri dirgantara HAL (Hindustani Aeronautics Limited), maka Cina maju dengan andalannya pabrik SAC (Shenyang Aircraft Corporation). Satu hal yang sama dari keduanya, adalah bahwa dua negara belajar banyak dan berguru pada sang suhu, Soviet atau kini Rusia.

    Su-30MKI melakukan pendaratan di jalan raya. India mengasah kemampuan mendarat di jalan raya bagi fighter fighternya.
    Su-30MKI melakukan pendaratan di jalan raya. India mengasah kemampuan mendarat di jalan raya bagi fighter fighternya.

    Mari kita fokuskan perhatian kali ini guna melihat sampai sejauh mana Bharatiya Vayu Sena (AU India) berupaya menjadi yang terkuat di antara para pemilik Flanker. Tidak hanya puas memiliki Flanker versi paling dasar, India menjadikan armada derivatif Su-27 itu sebagai yang tercanggih di antara semua varian berkode Su-30. Dialah Su-30MKI bercanard, memiliki pengatur sembur jet 2D TVC (Thrust Vectoring Controlled), menggunakan Phased Array Radar N001-M Bars serta segudang avionika buatan Prancis, Israel dan India sendiri melalui badan riset dan pengembangan DRDO.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here