Sunday, February 25, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurSukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Tahun 2010 tambahan order 42 Sukhoi kembali diberikan ke HAL. Jika selesai semua, total Su-30MKI India akan menjadi 272 unit, sesuai rencananya untuk menggantikan armada MiG-21 nya yang ratusan unit itu. Progressnya, hingga Mei 2018, secara fisik, India sudah memiliki 249 unit Sukhoi Su-30MKI, sementara sisanya sedang dalam progress pembangunan.

Su-30MKI Angkatan Udara India.
Su-30MKI Angkatan Udara India.

Kini, dan ke depan, India boleh berbangga dan membusungkan dadanya. Sebagai negara besar dengan luas wilayah 3,316 juta km2 yang merasa perlu menegakkan kedaulatan negaranya. Sehubungan sudah pernah mengalami konflik bersenjata dengan dua tetangganya, China dan Pakistan, saat ini India sudah siap menghalau berbagai ancaman dari luar. Super Flanker hanyalah satu dari sekian alutsista andalan di samping rudal balistik berhulu ledak nuklir yang dikembangkan India.

Dengan kekuatan pertahanannya itu, pemerintah India setidaknya bisa memberikan rasa ketenangan kepada lebih satu miliar penduduknya untuk terhindar dari agresi militer negara lain.

BACA JUGA :  Jet Pengebom Rusia, Tupolev Tu-22M3 Hancurkan Sejumlah Kamp ISIS
F-16, 2 F-15 dan Su-30MKI dalam suatu latihan.
F-16, 2 F-15 dan Su-30MKI dalam suatu latihan.

Sukhoi Su-30MKI Mengalahkan F-15C

Pada bulan Mei 2002, majalah Aviation Week & Space Technology membuat laporan yang cukup eye catching dengan judul Su-30MK Beats F-15C ‘Every Time’. Bukan mengada-ada, laporan ini diangkat berdasar penelitian secara rahasia menggunakan simulator 360 derajat di fasilitas simulator Boeing, St Louis.

Saat itu AU AS (USAF) tengah mengkaji berbagai pesawat tempur modern dan mempertarungkannya di dalam simulator. Jadi tidak hanya Su-30MK dengan F-15C saja, melainkan banyak pesawat tempur lain yang coba ditandingkan. Tetapi, begitu sampai pada duel antara Flanker lawan Eagle semua pun terdiam.

Su-30MKI dan Mirage 2000
Su-30MKI dan Mirage 2000

Hasil simulator di atas jelas mencengangkan banyak pihak, terutama AS. Begitulah faktanya, tulis majalah penerbangan kredibel itu. Diuraikan secara rinci bagaimana, misalnya, Su-30MK mampu menggunakan kemampuan manuver dan kecepatan tinggi untuk membuat bingung radar yang dimiliki F-15C. Setelah itu, dengan leluasa Su-30MK meluncurkan dua rudalnya dan kembali “bersembunyi” melalui manuvernya sebelum F-15C memberikan respon.

BACA JUGA :  Korea Utara Akan Luncurkan Roket Luar Angkasa, AS Keberatan

Su-30MK yang digunakan dalam simulator memang yang menggunakan pengatur arah sembur jet (TVC), sebagaimana yang dimiliki India dengan seri MKI. Untuk itulah, Flanker mampu memainkan superioritas yang tidak dimiliki F-15. “Taktik tempur dan kemampuan manuver Su-30MK berhasil menekuk F-15 di setiap saat.

Pesawat itu (Su-30MK), begitu pintar membuat F-15C kelimpungan. Dalam sekejap ia bisa hilang dari tangkapan radar F-15C dan memukul balik dengan cepat menggunakan rudal BVR AA-12 Adder atau rudal infra merah jarak pendek AA-11 Archer. Inilah yang membuat persentase kills Su-30MK lebih tinggi dibanding F-15C, ’’kata seorang perwira AU AS yang mengikuti jalannya simulasi.

Su-30MKI India
Su-30MKI India

Bahkan perwira itu memberikan penjelasan tambahan. Ketika manuver Su-30MK yang berubah-ubah itu bisa dilaksanakan secara sempurna, Su-30MK benar-benar menghilang dari tangkapan radar F-15C yang mengandalkan efek doppler terhadap targetnya. “F-15 dibuat seperti sebuah pesawat yang bodoh. la kebingungan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Kehebatan Flanker secara teroritik memang terbukti di atas kertas maupun di simulator. Ini pun yang mengundang rasa kepenasaran sangat tinggi para pilot tempur AS untuk mencoba mengawaki si penempur bertubuh bongsor itu. Mimpi itu akhirnya terwujud ketika dua pilot F-16 USAF, Kapten Pnb Martin “Gabby” Mentch dan Lettu Pnb Robert “Pipes” Stimpson yang mendapat kesempatan mengawaki Sukhoi Su-30MK punya India dalam latihan Cope India 06 bulan Oktober 2005.

Su-30MKI latma dengan F-15 dan Mirage 2000
Su-30MKI latma dengan F-15 dan Mirage 2000

Kedua pilot F-16 dari Skadron Tempur ke-13 Misawa Air Base, Jepang itu harus mengakui secara jantan kalau Su-30MKI memang memiliki superioritas yang tinggi di udara. “The MKI is an amazing jet that has a lot of maneuverability,” kata Mentch.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

0
Hobbymiliter.com – Pada tanggal 27 Maret 2022, tepatnya pada hari Minggu, unsur – unsur kekuatan dari Armada Ke-5 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy)...

Recent Comments