Friday, January 15, 2021
Home Berita Militer Berita Militer Dunia India Luncurkan Kapal LCU Mk IV Unit Ke Empat

India Luncurkan Kapal LCU Mk IV Unit Ke Empat

India Luncurkan Kapal LCU Mk IV Unit Ke Empat – HobbyMiliter.com – Angkatan Laut India dikabarkan sukses meluncurkan serta meresmikan unit kapal utilitas pendaratan pasukan atau biasa disebut Landing Craft Utility (disingkat LCU) buatan galangan kapal dalam negeri India. Tipe kapal LCU yang kali ini diluncurkan dan diresmikan yakni tipe LCU Mark IV.

Kapal LCU dengan nomor lambung L54 ini merupakan unit kapal LCU ke empat dari delapan unit yang dipesan oleh pemerintah India. Unit – unit kapal utilitas pendaratan pasukan tersebut dikabarkan merupakan hasil produksi dari industri galangan kapal dalam negeri Garden Reach Shipbuilders and Engineers atau yang biasa disebut secara singkat sebagai GRSE.

BACA JUGA :  Iran Tuduh Arab Saudi Bom Kedutaannya Di Yaman

Kapal utilitas pendarat pasukan tersebut memiliki dimensi panjang total mencapai 62,8 meter. Dengan bobot benaman mencapai 830 ton, ia sanggup mengangkut sebanyak 160 orang pasukan dalam sekali jalan. Sebelumnya, telah diresmikan sebanyak tiga unit kapal utilitas pendaratan sejenis, yang diberi nomor lambung L51, L52, dan L53. Ketiga kapal tersebut juga ditempatkan di markas yang sama dengan unit kapal ke empat, LCU L54.

Setiap kapal utilitas pendaratan tersebut nantinya diawaki oleh sebanyak 46 orang pelaut termasuk diantaranya 5 orang perwira. Menurut pihak Angkatan Laut India, kapal – kapal LCU ini dibekali dengan sistem anjungan yang terintegrasi dan sistem manajemen platform yang juga terintegrasi. Untuk urusan mesin, setiap kapal ditenagai dengan dua unit mesin diesel MTU 16V 4000 M53 buatan Jerman. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh kapal ini yakni 15 knot dan dengan kecepatan jelajah 12 knot ia sanggup menempuh jarak 1.500 mil laut.

BACA JUGA :  Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS

Kapal perang jenis LCU Mk IV ini merupakan unit ke empat dari delapan kapal yang dipesan oleh pemerintah India kepada GRSE dengan total nilai kontrak sebesar 21 milyar Rupee, atau setara dengan 310 juta dollar AS. Sementara unit – unit kelima hingga kedelapan direncanakan akan dirampungkan dalam rentang waktu 1,5 tahun kedepan.

Selain digunakan untuk keperluan militer, nantinya kapal – kapal LCU tersebut juga dapat dikerahkan untuk misi – misi kemanusiaan tanggap bencana alam, serta misi – misi Search And Rescue atau SAR terbatas terhadap korban insiden transportasi baik itu transportasi laut maupun udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua