Thursday, December 1, 2022
HomeMiliterKisah MiliterSejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Pukul 16.10 WIB Pangkosekhanudnas II memerintahkan Dan Posko Tempur Sergap untuk segera melaksanakan identifikasi visual setelah pesawat siap. Lima menit kemudian Pangkohanudnas juga memerintahkan Kapopunas Mayor Pnb Agung Sasongkojati agar memberikan data intelijen terakhir serta analisis kemungkinan adanya pesawat tempur lain kepada para penerbang.

Sikap konfrontasi agar dihindarkan karena ini hanyalah misi identifikasi visual saja. Penerbang diminta tidak mengunci sasaran dengan radar/rudal sehingga tidak dianggap mengancam musuh. Keselamatan terbang diutamakan. Misi utama adalah Identifikasi Visual. RoE sudah ditetapkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Indonesia harus memperkuat kemampuan perang elektronikanya. Jangan sampai dijamming seperti ini dan seperti waktu latihan gabungan TNI di NATUNA jaman SBY dulu, dimana komunikasi sempat mati beberapa jam.

  2. Wuih, ternyata F-5 Tiger AU Singapura punya kemampuan serangan jarak jauh ya. Punya probe aerial refueling. Beda spek dengan F-5 Tiger kita. Dulu mengapa kita nda beli yang ber-aerial refueling ya? Kan beli F-5 dan beli Tanker ga beda jauh waktunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Sumpah Prajurit TNI

Isi Teks Sumpah Prajurit TNI

0
Sumpah PrajuritDemi Allah saya bersumpah / berjanji :Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. ...

Recent Comments