Marder Medium Tank RI dipamerkan pada Indo Defence 2016
Marder Medium Tank RI dipamerkan pada Indo Defence 2016, tampak dalam foto unit telah dilengkapi sistem kubah senjata HITFACT besutan Leonardo (dulunya Oto Melara).Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – Pada acara pameran industri pertahanan Indo Defence 2016, perusahaan asal Jerman, Rheinmetall Landsysteme menampilkan kendaraan tempur berjenis medium tank atau tank tempur ukuran sedang. Produk yang dibawa oleh Rheinmetall tersebut yakni Marder Medium Tank RI. Nama RI diambil dari singkatan Republic of Indonesia, yang menunjukkan niatan Rheinmetall untuk memasarkan produk ini kepada Indonesia, setelah berhasil menjual unit – unit tank Leopard 2A4 dan 2A4 RI serta Marder 1A3 IFV.

Baca juga :   P-3C Orion Angkatan Bersenjata Jerman

Unit yang dibawa merupakan unit demonstrator yang dikembangkan untuk dapat memenuhi kebutuhan teknis Indonesia yang sedang mengadakan program medium tank. Unit demonstrator yang dibawa dan dipamerkan pada Indo Defence 2016 ini dilengkapi dengan turret HITFACT (kabarnya, jika jadi dibeli oleh Indonesia, dapat diubah ke turret HITFACT II). Sistem turret atau kubah senjata HITFACT merupakan besutan Leonardo (Dulunya Oto Melara).

Rheinmetall Landsysteme menggunakan anggaran dana riset dan pengembangan mandiri untuk membangun varian Marder 1 yang memiliki kemampuan tambahan dan dapat dipasarkan untuk pangsa pasar ekspor ke luar Jerman. Pada Indo Defence 2014, Marder ditampilkan dengan sistem senjata dengan kendali remote yang dilengkapi dengan senapan mesin berat (SMB) kaliber 12,7 milimeter. Sistem besutan perusahaan Kongsberg ini dinamai Kongsberg Protector.

Baca juga :   TNI Grebeg Ormas Bergaya Ala Militer

Pengembangan yang terlihat signifikan pada varian ekspor terbaru dari kendaraan tempur Marder yakni atap kendaraan yang ditambah ketinggian nya untuk meningkatkan volume angkut internal. Tidak hanya itu, kendaraan tempur ini juga akan dilengkapi dengan mesin diesel MTU yang telah diupgrade kemampuan nya. Mesin baru ini dapat menghasilkan daya sebesar 690 tenaga kuda. Suspensi kendaraan juga di upgrade untuk meningkatkan kemampuan mobilitas. Selain sederet fitur pengembangan tersebut, kendaraan tempur ini juga akan dilengkapi dengan paket sistem perlindungan modular passive-armour package.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here