Rusia Luncurkan Unit Kedua Kapal Selam Kelas Lada

0
1347
Rusia Luncurkan Unit Kedua Kapal Selam Kelas Lada
Rusia Luncurkan Unit Kedua Kapal Selam Kelas Lada. Kronshtadt, Unit Kedua Dari Kapal Selam Kelas Lada Resmi Diluncurkan 20 September 2018 Lalu. Sumber : janes

HobbyMiliter.com – Rusia Luncurkan Unit Kedua Kapal Selam Kelas Lada. Rusia dikabarkan telah meluncurkan unit kedua kapal selam penyerang kelas Lada. Pada tanggal 20 September 2018 yang lalu telah dilaksanakan peluncuran kapal selam proyek 677 unit kedua yang dinamai Kronshtadt bagi Angkatan Laut Federasi Rusia di galangan kapal Admiralty Shipyards, yang berlokasi di kota Saint Petersburg, Rusia.

Sejatinya, kapal selam kedua dari jajaran kapal selam penyerang dengan tenaga diesel elektrik generasi terbaru ini mulai dibangun pada tahun 2005. Namun, karena kurangnya anggaran maka konstruksi kapal selam ini kemudian ditunda hingga akhirnya baru dilanjutkan pada tahun 2013 yang lalu. Pihak Admiralty Shipyards menyebut bahwa unit kapal selam kedua dari kelas Lada ini akan diserahkan kepada Angkatan Laut Federasi Rusia pada tahun 2019 mendatang.

BACA JUGA :  Selundupkan Suku Cadang Jet Tempur Ke Iran, Jaksa Federal AS Tuntut Dua Warga California

Admiralty Shipyards sendiri mengklaim bahwa kemampuan tempur dari kapal selam kelas Lada ini berada jauh diatas kapal selam pendahulunya, proyek 636 “Improved Kilo Class” yang sering disebut dengan sebutan Varshavyanka. Ini disampaikan oleh Direktur Umum galangan kapal Admiralty Shipyards, Alexander Buzakov dalam upacara peluncurannya. Salah satu fitur yang membuatnya disebut lebih baik daripada kapal selam proyek 636 Varsahvyanka adalah kemampuan untuk meluncurkan rudal jelajah secara salvo atau beruntun saat hendak menghantam sasaran – sasaran yang berada di daratan.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

Kapal selam penyerang bertenaga diesel elektrik kelas Lada ini merupakan kapal selam yang mampu bergerak dengan kecepatan 21 knot saat berada di bawah air. Dengan kecepatan jelajah 7 knot diatas permukaan air, jarak operasional kapal selam ini bisa mencapai 6.000 nautikal mil. Kapal selam ini dipersenjatai dengan 6 tabung peluncur torpedo kaliber 533 milimeter. Melalui tabung peluncur tersebut ia juga dapat meluncurkan rudal jelajah Kalibr atau Club.

Unit kapal selam pertama dari kelas Lada diberi nama Sankt Petersburg, sesuai dengan kota tempat dimana kapal selam tersebut dibuat. Nama kapal pertama ini juga kemudian dijadikan sebagai nama klasifikasi NATO bagi kapal selam kelas Lada ini. Untuk kode proyek kapal selam ini memiliki kode proyek 677. Diawaki 37 orang kru, kapal selam ini sanggup berlayar tanpa mengisi ulang perbekalan selama 45 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here