Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622. KRI Rencong 622 saat sedang berlayar.

HobbyMiliter.com – Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622. Cuaca cerah dan kondisi perairan yang tenang menemani pelayaran sebuah kapal perang dari jenis Kapal Cepat Rudal atau KCR milik TNI AL itu. Saat itu, Selasa pagi, 11 September 2018, semuanya nampak biasa – biasa saja. Tidak ada tanda – tanda yang mencurigakan sebelum pelayaran kapal perang itu berubah menjadi pelayaran terakhirnya di jajaran Armada TNI Angkatan Laut. Pagi itu, sekitar pukul 07.00 WIT, TNI Angkatan Laut harus kehilangan satu kapal legendaris yang dimilikinya. Adalah KRI Rencong 622 yang mengalami nasib nahas tersebut. Api membakar habis badan kapal perang tersebut.

Baca juga :   DSME Raih Kontrak Produksi Dua Frigate FFX II Baru Untuk AL Korsel

Sebagai bentuk penghormatan kami, kali ini, HobbyMiliter.com menghadirkan kisah pengabdian salah satu kapal perang legendaris di tubuh TNI Angkatan Laut tersebut. Inilah kisah pengabdian KRI Rencong 622 dalam jajaran TNI Angkatan Laut.

Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622. KRI Mandau dengan nomor lambung 621 merupakan unit Lead Ship dari kapal perang kelas Mandau milik TNI AL.

Sejarah Singkat KRI Rencong 622

KRI Rencong dengan nomor lambung 622 merupakan satu dari empat unit kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal atau KCR yang dibeli dari Korea Selatan di masa pemerintahan Orde Baru. Dirunut dari kelas nya, kapal ini termasuk dalam kelas Mandau, sesuai dengan nama Lead Ship yang ada yakni KRI Mandau dengan nomor lambung 621. Sebanyak empat unit kapal dibeli dalam kondisi baru dari Korea Selatan pada medio tahun 1979 hingga 1980-an.

Baca juga :   Ranjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran

Kapal Cepat Rudal yang oleh dunia internasional diklasiffikaikan sebagai Patrol Ship Multi-Mission atau PSMM ini diproduksi di galangan kapal Korea Tacoma Shipyard, yang terletak di wilayah Masan, Korea Selatan. Sebagai informasi tambahan, galangan kapal tersebut adalah juga merupakan galangan kapal yang sama yang memproduksi kapal perang jenis Landing Ship Tank atau LST kelas Teluk Semangka.

KRI Mandau 621 dan KRI Rencong 622 diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 1979, sedangkan KRI Badik 623 dan KRI Keris 624 diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 1 Februari 1980.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here