Saturday, July 20, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurShenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China

Shenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China

China ternyata sudah melakukan reverse engineering terhadap kit Su-27SK yang dikirimkan kepadanya. Kemudian memodifikasinya sesuai kebutuhan dalam negeri China. Modifikasi yang dilakukan antara lain, penggunaan material dalam negeri dalam pembuatan struktur airframe pesawatnya, upgrade agar dapat bertugas sebagai multirole fighter, penggunaan avionik dalam negeri yang lebih canggih, penggunaan radar dalam negeri dan pemasangan sistem persenjataan baru agar dapat menembakkan rudal rudal produksi dalam negeri.

Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto Shenyang J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China

Alasan China melakukan copy dan modifikasi terhadap Su-27SK ini adalah karena spesifikasi Su-27SK tidak dapat memenuhi kebutuhan Angkatan Udara China. Sukhoi Su-27SK dianggap memiliki desain manufaktur ketinggalan, memiliki avionik dan sistem radar yang juga ketinggalan jaman. Terutama adalah ketidakmampuan Su-27SK melakukan tugas tugas multirole. Pernah melihat Su-27SK kita melakukan tugas udara ke darat? Di kita, Su-30 lah yang selalu melakukan hal tersebut.

BACA JUGA :  F-104 Starfighter: Si Rudal Berawak
Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China

Hasilnya, adalah pesawat yang lebih baik dari pada stock Sukhoi Su-27SK Rusia. Kecuali di bidang mesin. Sedari pesawat J-11 pertama selesai di produksi tahun 2002, mesin lokal hasil pengembangan dan reverse engineering WS-10A baru siap digunakan tahun 2009. Bukti bahwa reverse engineering itu sebetulnya juga tidak mudah.

Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

5-front-al-nusra-konfirmasi-kematian-300-anggotanya

Pasca Pertempuran Aleppo, Front Al-Nusra Konfirmasi Kematian 300 Anggotanya

0
Hobbymiliter.com - Lebih dari 300 anggota militan kelompok teroris Front al-Nusra telah terbunuh dalam pertempuran dekat Kota Retyan di provinsi Aleppo. Tewasnya militan teroris dalam...

Recent Comments