Sunday, October 2, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Menurut biografi, Pangeran Diponegoro pun kemudian diasingkan ke Gedung Karesidenan Semarang di Unggalan dan setelah itu dibawa ke Batavia pada tanggal 5 April 1830 dengan memakai kapal Pollux dan tiba tanggal 11 April 1830. Sejak itu hingga tanggal 30 April 1830, Pangeran Diponegoro ditawan di Stadhuis yang kini dikenal sebagai Gedung Museum Fatahilah. Setelah itu beliau diasingkan ke Manado tanggal 3 Mei 1830 dan ditawan di Benteng Amsterdam bersama istri keenam, Tumenggung Dipasena dan istri beserta pengikut lain seperti Kertalaksana, Nyai Sotaruno, dan Banteng Wereng. Pada tahun 1834 Pangeran Diponegoro dipindahkan ke Makassar dan ditawan di sana hingga tutup usia pada tanggal 8 Januari 1855 di Benteng Rotterdam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Foto-Foto Aksi Tim Ekspedisi NKRI Padamkan Kebakaran Hutan

Foto-Foto Aksi Tim Ekspedisi NKRI Padamkan Kebakaran Hutan

0
Hobbymiliter.com - Minggu siang (6/3/2016), telah terjadi kebakaran di hutan yang terletak dekat Polres Kaimana, Papua Barat. Kebakaran hutan yang mencapai 6 hektar itu,...

Recent Comments