Saturday, October 1, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Nama yang diberikan saat lahir tersebut kemudian diubah menjadi Bendara Raden Mas Antawirya, sementara nama Islam Diponegoro sendiri adalah Ngabdul Kamid. Saat sang ayah naik tahta, Diponegoro kemudian diwisuda sebagai pangeran dan diberi nama Bendara Pangeran Harya Dipanegara.

Beranjak dewasa, Pangeran Diponegoro merupakan pribadi cerdas, suka membaca, serta ahli dalam bidang hukum Islam-Jawa dan lebih tertarik pada berbagai masalah keagamaan ketimbang pemerintahan keraton. Karena itulah beliau menolak keinginan sang ayah untuk naik tahta dan menjadi raja dengan berdalih bahwa ibunya bukanlah seorang istri permaisuri melainkan hanya selir hingga dirinya tidak layak untuk menjadi seorang raja.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MiG-29 Fulcrum

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

8
Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF - HobbyMiliter.com. Ketika Uni Soviet runtuh pada akhir tahun 1991, berbagai bekas negara bagiannya memperoleh...
President John F. Kennedy at Rice University Stadium, Houston, Texas, 12 September 1962

JFK and The Apollo Program

Recent Comments