Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa – HobbyMiliter.com –¬†Biografi Pangeran Diponegoro bermula saat beliau lahir tanggal 11 November 1785 di Ngayogyakarta Hadiningrat dan berakhir saat tutup usia di umur 69 tahun pada tanggal 8 Januari 1855 di Makassar.

Sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, Pangeran Diponegoro berjasa saat memimpin Perang Jawa atau lebih dikenal dengan sebutan Perang Diponegoro melawan pemerintah Belanda yang berlangsung dari tahun 1825 sampai 1830 dan tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai perang dengan korban terbanyak, yaitu 8.000 korban serdadu Belanda, 200 ribu orang Jawa, 7.000 pribumi, serta kerugian materi yang mencapai 25 juta Gulden.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Biografi Pangeran Diponegoro

Bernama Bendara Raden Mas Mustahar saat lahir, Diponegoro merupakan putra dari pasangan Gusti Raden Mas Suraja yang nantinya naik tahta dengan gelar Hamengkubuwana III dan istrinya R. A. Mangkarawati yang merupakan seorang selir atau garwa ampeyan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II

DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II

0
DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II - HobbyMiliter.com - Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau biasa disingkat DSME, galangan kapal asal Korea...

Recent Comments