Monday, September 19, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Pada tahun 1808 Pangeran Diponegoro kembali menikah untuk ketiga kalinya dengan putri Kyai di wilayah selatan Yogyakarta bernama R. A. Retnawati. Saat Pangeran Diponegoro masih tinggal di Tegalrejo, istri pertama dan ketiganya meninggal dunia hingga beliau kemudian memutuskan menikah kembali untuk keempat kalinya dengan Raden Ayu Citrawati yang merupakan putri Raden Tumenggung Rangga Prawirasentika dengan salah satu selirnya pada tahun 1810. Tidak lama setelah melahirkan putra mereka, istri keempat Pangeran Diponegoro meninggal akibat kerusuhan di Madiun. Karena itulah putranya yang diberi nama samaran Singlon tersebut diserahkan ke Ki Tembi untuk diasuhnya. Di kemudian hari putranya tersebut terkenal dengan nama Raden Mas Singlon.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal Lati Angkatan Laut China, Zheng He

Kunjungan Angkatan Laut China ke Pearl Harbour

0
HobbyMiliter.com - Dalam rangka mempererat kerjasama militer antara China dan Amerika Serikat, Angkatan Laut China mengirimkan sebuah kapal latih Zheng He ke Markas Armada ke-7 Angkatan...

Recent Comments