Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Kemudian atas pengaruh Ernest Douwes Dekker bersama dengan Cipto Mangunkusumo, mereka mendirikan Indische Partij pada tanggal 25 Desember 1912. Mereka bertiga kemudian dikenal sebagai Tiga Serangkai. Akan tetapi keberadaan Indische Partij ditentang Belanda hingga akhirnya diganti dengan membentuk Komite Bumiputera di tahun 1913.

Di tahun yang sama, saat pemerintahan Belanda bermaksud mengumpulkan pajak dari warga termasuk warga pribumi untuk dipakai dalam perayaan kemerdekaan Belanda dari Perancis, kalangan nasionalis Indonesia, termasuk Soewardi mengkritik niat Belanda tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

82-gencatan-senjata-suriah-pbb-siap-sebar-bantuan-kemanusiaan

Gencatan Senjata Suriah: Kekerasan Menurun Drastis, Bantuan Kemanusiaan Siap Disebar

0
Hobbymiliter.com - PBB memuji penurunan kekerasan yang terjadi di Suriah pada 24 jam pertama gencatan senjata hasil perundingan Amerika Serikat dan Rusia. Konvoi bantuan kemanusiaan...

Recent Comments